Just Sharing

Jurus 3 - 14 Berbisnis Online




Halaman Sebelumnya 


Jurus # 3 : Jangan Tunduk Pada Orang-orang Negatif
Salah satu sebab utama penyebab para pebisnis online bisa
sukses adalah dengan tidak terpengaruh oleh pengaruh dari orang-
orang yang ?negative? di sekitarnya.

Apa yang dimaksud dengan orang-orang yang negative? Orang- orang yang negatif adalah orang-orang yang selalu membuat Anda mundur dan tidak yakin akan adanya kemungkinan sukses di dunia internet. Orang yang seperti ini, akan menjatuhkan mental Anda, yang telah Anda bangun dengan susah payah pada poin nomor 1.

Pernahkah ada orang yang mengatakan kepada Anda bahwa Anda tidak mungkin sukses di bisnis online? Atau mengatakan bahwa Anda hanya mimpi belaka? Atau mengatakan bahwa ide Anda untuk berbisnis online itu gila?

Nah, merekalah yang saya maksud dengan orang-orang negatif (dalam sudut pandang sebagai pebisnis online, bukan sebagai seorang teman / kerabat / anggota keluarga /
…). Mereka inilah yang selalu membuat semangat Anda lemah, ragu dan tidak yakin
dengan langkah yang ingin Anda tempuh.

Jika Anda mendengarkan dan mengikuti nasehat mereka, saya akhirnya yakin Anda akan mundur dan pada akhirnya tidak pernah sukses. Atau lebih parah lagi, mungkin Anda tidak akan pernah mencoba sama sekali untuk berbisnis online (dan itu berarti sebuah kegagalan mutlak, 100%).

Pada faktanya, apa yang mereka katakan tidak benar!

Pada faktanya, banyak orang yang berkata demikian dan menakut-nakuti Anda (selain karena niat baik mereka kepada Anda) adalah karena mereka belum tahu potensi bisnis internet yang sesungguhnya, belum pernah mencobanya sendiri, atau pernah gagal (karena  tidak memiliki guru yang tepat yang membimbingnya) dalam berbisnis online, atau mereka sendiri sudah menjalankan bisnis yang sama dan tidak ingin bertambah saingannya.

Jadi, jangan hiraukan apa yang mereka katakan. Sudah banyak bukti bahwa potensi untuk sukses di dunia bisnis internet itu ada, banyak, masih terbuka.

Jika, jika Anda masih belum terjun mencoba, yang harus Anda lakukan adalah tutup telinga Anda dan terjun untuk mencobanya. Karena tanpa mencoba, tanpa action, itu berarti Anda 100% gagal, Anda gagal mutlak.
Dan jika Anda sudah terjun di dalam bisnis online, teruskan bisnis Anda, pelajari teknik- teknik yang benar dan terbukti efektif, tingkatkan profit Anda. Buktikan pada mereka bahwa Andalah yang benar.
Jurus # 4 : Harus Mau Mengeluarkan Modal

Salah satu penyebab besar orang tidak akan bisa sukses mencari uang di internet adalah karena mereka tidak mau mengeluarkan uang. Jadi, Anda jangan menjadi seperti ini.

Benarlah yang dikatakan banyak orang bahwa untuk bisa mendapat banyak uang seringkali kita harus mau mengeluarkan uang terlebih dahulu.

Bahasa awamnya: kita harus mau mengeluarkan modal!

Dunia internet memang luas, dan banyak hal bisa didapat dengan gratis, seperti berbagai informasi dan berita. Tetapi kalau sudah masalah mencari uang di internet, berharap bisa meraih uang berlimpah hanya dengan modal Rp 0 bisa dikatakan hanya mimpi di siang bolong.

Kalau Anda tidak mau mengeluarkan uang untuk membeli hosting, server gratisan Anda akan memasang banyak iklan di web Anda. Ini merusak bisnis Anda.

Kalau Anda tidak mau mengeluarkan uang untuk membeli domain, calon konsumen akan ragu untuk membeli produk dari situs Anda di blablabla.bloggratisan.com.

Kalau Anda tidak mau mengeluarkan uang untuk membeli produk pembelajaran bisnis online, Anda akan belajar sendiri tanpa arah, tanpa guru dan akhirnya gagal.

Kalau Anda tidak mau membeli layanan autoresponder, konversi dari sales letter Anda akan turun drastic dan Anda tidak akan bisa meraih untung yang besar.

Kalau Anda tidak mau membayar iklan, tidak akan ada yang kenal situs Anda.

Dan seterusnya…

Jadi, sekarang ubah mindset gratisan Anda. Jika Anda ingin berbisnis, beranilah mengeluarkan modal. Jika tidak, tidak usah berbisnis online – atau di dunia nyata.

Tidak ada bisnis online yang gratis sama sekali. Anda setidaknya perlu berkorban waktu, tenaga, dan biaya untuk ber-internet ria.

Ingat teman, bisnis online tetaplah sebuah bisnis. Bukan permainan. Dan seperti halnya sebuah bisnis apapun di dunia nyata, Anda perlu keluar modal juga untuk bisa
menjalankan bisnis di dunia maya (internet).
Sekali lagi, harap diingat bahwa: Anda sedang berbisnis, bukan sedang menjadi karyawan orang lain. Dan pebisnis harus mau mengeluarkan modal.
Jurus # 5 : Segeralah Action!
Tidak mau action, tidak mau memulai bisnis. Ini adalah sebuah hal yang sangat berbahaya.
Ini adalah kesalahan yang sangat mendasar yang dilakukan oleh orang dalam berbisnis online, bahkan bisa dikatakan kesalahan paling besar yang dilakukan dalam bisnis apa pun. Jika Anda melakukan kesalahan ini, saya jamin bisnis Anda akan merugi.
Eh tunggu,… bukan merugi, tapi bahkan … bisnis Anda tidak akan pernah berjalan!
Saya tidak mengerti kenapa banyak orang selalu ingin mendapatkan hasil yang melimpah, tapi tidak mau bersusah-susah. Padahal saya yakin orang itu faham bahwa untuk bisa mendapatkan suatu hal, kita harus bergerak mengejar hal tersebut.

Banyak sekali orang, sudah tidak terhitung banyaknya, yang bertanya kepada saya, bagaimana cara berbisnis online? Bagaimana memulai google adsense? Bagaimana caranya begini dan begitu…

Tapi pada akhirnya, mereka tidak juga mulai untuk berbisnis, …

Bagaimana mau sukses kalau tidak ada action?

Apakah Anda tahu binatang yang bernama burung? Pernahkah Anda melihat burung yang terbang di angkasa? Saya yakin Anda tahu dan pernah melihatnya. Ya, sama seperti burung tersebut yang terbang mencari makan, kita pun harus bergerak untuk bisa meraih rezeki, untuk bisa menghasilkan profit dalam dunia internet ini.

Sayangnya, ini adalah penyakit yang paling banyak diderita oleh orang-orang di Indonesia, bahkan di seluruh dunia. Mereka ragu-ragu dan tidak mau maju, dan pada akhirnya mereka tidak pernah mendapat keuntungan sama sekali. Kecuali hanya dalam mimpi mereka saja.

Apakah Anda berpikir bahwa uang itu datang tiba-tiba? Jawabannya : tidak mungkin.
Apakah Anda berpikir keajaiban bisa terjadi kepada Anda tanpa usaha?

Jawabannya : tidak akan.
Anda harus mau melangkah, harus maju, harus action untuk bisa sukses. Anda tidak akan pernah sukses jika tidak berani melangkah, tidak mau mengambil kesempatan dan menunda-nunda untuk berbisnis. Ini adalah fakta kehidupan.
Jadi solusinya :
Untuk bisa sukses berbisnis online, Anda harus memulainya sekarang juga! Terserah dari bisnis yang mana, dimulai sekarang juga.
Jurus # 6 : Carilah Seorang Mentor / Guru
Banyak sekali orang yang dari awal berbisnis sudah bertekad untuk tidak mau ?berguru? langsung kepada orang lain yang jelas lebih faham berbisnis online.

Sebagian di antaranya beralasan bahwa tidak ada gunanya, buang-buang uang saja, malu (?), bisa cari ilmu sendiri di internet dan segudang alasan lainnya.

Tapi benarkah jalan yang seperti itu?

Faktanya, tidak semudah itu. Faktanya, belajar apa pun, entah itu belajar matematika, belajar bahasa, termasuk belajar berbisnis online pun perlu guru.

Kenapa perlu guru? Bukankah banyak sekali ilmu yang ada di internet bisa tersedia secara (hampir) gratis?

Yap betul, dan saya pun termasuk orang yang berpandangan seperti itu.

Tapi itu dulu…. Setelah berjalan beberapa tahun, barulah terasa bahwa ada hal2 yang tidak bisa Anda peroleh dari mencari ilmu secara otodidak di internet, seperti :
1/ Anda tidak bisa bertanya jika mengalami kesulitan
2/ Anda bingung, _bagaimana alur belajar yang tepat_? Apa yang harus Anda pelajari lebih dahulu?
Setelah belajar ini Anda harus belajar apa?
3/ Anda tidak akan fokus.
Ingin coba ini, ingin coba itu, karena saking banyaknya informasi yang didapatkan. Inilah yang disebut INFORMATION OVERLOAD.
Karenanya akhirnya saya menyerah dan saya memutuskan bahwa saya harus berguru
kepada seseorang yang sudah jelas ahli. Akhirnya saya berusaha ?berguru? kepada
banyak master di luar sana, dengan cara membeli berbagai produk pelajaran yang dibuat oleh mereka, entah itu berupa  ebook, video ataupun  training berbayar.
Saya tidak ingat persisnya sudah berapa banyak produk pembelajaran bisnis online yang saya miliki, yang jelas saya sudah keluar banyak sekali (berjuta-juta rupiah) untuk memiliki berbagai produk panduan berbisnis online dari berbagai guru tersebut.
Dan hasilnya? Inilah saya yang sekarang, alhamdulillaah.
Oke, cara belajar dengan membeli berbagai produk pembelajaran seperti yang saya lakukan memang agak, tapi saya tidak menyesal melakukannya. Karena memang
terbukti bermanfaat. Karena memang  ilmu yang bermanfaat itu mahal harganya.
Jujur, berdasar pengalaman pribadi saya,  dengan memiliki seorang guru Anda bisa semakin fokus dan semakin menghasilkan. Waktu belajar bisa Anda tekan dan penghasilan bisa lebih cepat Anda dapatkan jika Anda dituntun oleh guru yang ahli.
Kalau Anda mengambil jalan untuk belajar secara  otodidak, mungkin bisa digambarkan seperti ini bentuknya:
Perhatikan, jika Anda belajar sendiri (otodidak) maka untuk bisa mencapai level penghasilan dan level ilmu tertentu (garis putus-putus) waktu yang Anda butuhkan belajar sangatlah lama. Hal ini karena Anda perlu untuk trial and error, mencoba-coba ini itu, hunting ilmu, riset pasar dan sebagainya.

Tetapi jika Anda  belajar bersama seorang pembimbing yang ahli (belajar dari guru via ebook, forum, chatting bersama guru), maka kurva belajar Anda bisa berubah drastis seperti ini :
Perhatikan, jika Anda belajar bersama guru maka untuk bisa mencapai level penghasilan dan level ilmu tertentu (garis putus-putus) waktu yang Anda butuhkan belajar sangatlah cepat. Hal ini karena Anda tidak perlu untuk trial and error, mencoba- coba ini itu, hunting ilmu, riset pasar dan sebagainya.

Dan, hey, coba perhatikan, mana yang lebih tinggi antara level penghasilan yang bisa diraih (garis putus-putus) dengan cara belajar otodidak dibadingkan dengan belajar otodidak? Jelas, belajar dari guru yang ahli menghasilkan level income yang lebih tinggi daripada jika Anda belajar secara otodidak.

Jadi, jauh lebih menguntungkan jika Anda belajar bersama ahlinya, kan?

Oiya, bukan hanya itu saja, dengan belajar dari ahlinya maka jika Anda bingung, Anda bisa buka referensi terpercaya, dan bertanya kepada guru tempat Anda belajar. Kalau Anda tidak fokus, Anda akan diingatkan untuk kembali mengikuti track yang mereka sediakan. Dan seterusnya.

Dengan berguru pada yang ahli Anda bisa menghemat banyak sekali waktu yang berharga. Anda bisa langsung mendapat cara bisnis paling efektif tanpa harus mencoba-coba dan mengalami kegagalan terlebih dahulu.

Jadi kalau Anda mengalami kebingungan dalam bisnis online Anda, maka carilah guru yang bisa membimbing dalam perjalanan bisnis online Anda, sekarang juga.

Belajarlah dari yang terbaik, berdoalah untuk yang terbaik, bekerjalah dengan kemampuan Anda yang terbaik dan dapatkanlah hasil yang terbaik!
Jurus # 7 : Belilah Produk Pembelajaran
Banyak yang ingin belajar dengan cara yang murah, akhirnya mencoba mengikuti berbagai blog dan situs tentang internet marketing. Mereka berkelana dari blog satu ke blog yang lainnya dengan harapan mendapat ilmu yang bermanfaat untuk bisnis online mereka.

Akankah usaha ini berhasil?

Pada faktanya, usaha ini bisa tidak begitu bagus hasilnya. Karena dengan sistem belajar yang tidak jelas seperti itu, otodidak dan loncat kesana-kesini saya jamin bahwa Anda akan kesulitan menyusun ilmu-ilmu tersebut, mana yang harus Anda dahulukan untuk dibaca? Setelah baca ini harus baca yang mana?

Pada akhirnya Anda akan berhenti pada titik di mana Anda hanya mengumpulkan berbagai ilmu yang ?dasar-dasarnya? saja, tetapi tidak tahu bagaimana merangkainya dalam sebuah alur kerja yang bisa dipergunakan untuk mencari uang di internet.

Pada akhirnya Anda hanya akan membuang waktu dengan mempelajari berbagai hal
yang tidak bisa Anda simpulkan sendiri…

Nah kalau sudah begitu, daripada Anda blogwalking tidak jelas, tanpa arah dan tanpa bimbingan, bukankah lebih baik jika Anda hanya belajar dari satu atau beberapa (sedikit) guru saja tetapi Anda mendapatkan rangkuman berbagai ilmu mereka?
Lalu bagaimana solusinya?  Mudah : beli saja produk pembelajaran yang dijual para master, yang banyak dijual di internet.

Kenapa harus membeli? Simple, alasannya karena untuk mempersingkat waktu belajar Anda. Itu saja. Seperti Anda tahu semua bahwa berbagai produk internet marketing yang Ada adalah sebuah bentuk rangkuman dari berbagai ilmu bisnis online yang dimiliki para guru tersebut.

Jadi dengan memiliki produk mereka, Anda seolah-olah memiliki rangkuman ilmu yang mereka miliki yang pada akhirnya membuat proses belajar Anda menjadi lebih cepat. Itu yang saya maksud dengan mempersingkat waktu belajar Anda. Jadi, jangan ragu untuk ?membeli ilmu?.

Ok, mungkin Anda bisa temukan sebagian materi yang diberikan secara gratis, tanpa harus membeli produk, seperti dengan blogwalking. Hanya saja, biasanya di dalam
sebuah produk (apapun), akan selalu ada nilai lebih yang bisa Anda dapatkan, seperti support dari sang pembuat produk, member forum, alur kerja yg jelas (blue print) dan sebagainya yang  tidak akan Anda dapati dari berbagai tempat mencari ilmu gratisan yang lainnya.

Pernahkah Anda menemui sebuah blog yang membahas suatu bisnis satu persatu, detil langkah per langkah dan sang pemilik blog melayani 200+ email per hari secara free? Saya rasa tidak.

Jadi jangan ragu untuk berinvestasi sedikit, untuk mendapatkan hasil yang lebih banyak. Beli panduan yang Anda rasa cocok untuk Anda (ingin yang tipe menjelaskan berbagai bisnis secara overview? atau yang membahas satu bisnis secara mendetail?).

Jangan hanya berkutat dengan yang gratisan jika Anda bisa mendapat yang jauh lebih banyak dengan harga yang tidak seberapa.

Ingat : untuk setiap produk berbayar, selalu ada  nilai lebih yang Anda dapatkan dari setiap rupiah (atau dollar) yang Anda bayarkan.
Jurus # 8 : Jangan Hanya Membeli Produk, Tapi Juga Menerapkannya
Nah, sekarang jika Anda telah membeli produk panduan, langkah selanjutnya adalah pelajari dan ikuti setiap detail yang diberikan oleh pembuat produk. That’s it.
Kebanyakan kesalahan para pemula adalah ketika mereka sudah membeli sebuah produk maka mereka akan ingin membeli produk lainnya. Tetapi setelah itu yang mereka lakukan bukannya mempraktekkan apa yang diajarkan, tetapi
malah terus hanya membeli dan membeli, tanpa praktek. Bagaimana mau berhasil?
Nah, jika Anda termasuk yang seperti itu, saya katakan bahwa Anda salah besar. Yang harus Anda lakukan adalah mempelajari, mengikuti, making money dan bukan membeli dan terus membeli.

Simpan uang Anda untuk biaya internet dan biaya promosi. Bukan untuk terus membeli. Yang membuat Anda mendapat keuntungan yang berlimpah bukanlah memiliki puluhan bahkan ratusan produk pembelajaran tentang berbisnis online, tetapi mempraktekkan ilmu-ilmu yang telah Anda dapatkan dari produk yang telah Anda miliki.

Jurus # 9 : Jangan Menjadi Diri Anda Sendiri
Jangan menjadi diri sendiri?
Sebuah nasehat yang aneh, bukan?
Tapi ini memang benar : sebagai newbie (pemula) Anda jangan coba-coba untuk ?mencari jalan sendiri? menuju kesuksesan.

Oke mungkin di kehidupan sosial Anda bisa berkata ?be yourself?. Tapi untuk berbisnis di dunia online, sebaiknya Anda jangan menjadi diri sendiri, dalam artian jangan mencoba mencari cara berbisnis sendiri.

Dulu saya juga ada perasaan untuk bisa mencari uang dengan cara saya sendiri, dengan menemukan cara yang unik yang tidak diketahui orang lain. Saya berpikir dengan seperti itu saya akan bisa mencari ?celah? uang yang belum dimasuki orang lain.Benarkah hal ini? Well, ini bisnis, teman…

Pada faktanya, hal seperti itu susah diharapkan. Sebagai seorang newbie (pemula) Anda masih kurang ilmu, kurang pengalaman yang sebetulnya sangat diperlukan untuk bisa membuat ?celah? yang Anda inginkan tersebut. Akibatnya Anda tidak akan pernah menemukannya sama sekali.

Saran saya : jika Anda seorang newbie, lebih baik ikuti cara yang umum saja dalam perjalanan make money online Anda. Belajar dari yang sudah ahlinya, ikuti nasehat para master, para guru. Mereka ada di sana untuk membagi ilmunya kepada Anda, mereka sudah berpengalaman dan tahu cara yang tepat.

Nanti kalau Anda sudah (merasa) master, baru coba eksperimen sendiri.
Kalau Thomas Alva Edison sudah berhasil menemukan bola lampu, ngapain Anda capek-capek mencoba ?menemukan benda yang dapat berpijar menerangi kamar??

Do not re-invent the wheel.
Jurus # 10 : Jangan Malu Bertanya

Malu bertanya sesat di jalan. Peribahasa ini pastinya sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Tapi tahukah Anda, bahwa peribahasa ini  sering dilanggar oleh para pebisnis online?

Ya, betul, sering dilanggar. Banyak sekali pebisnis online yang saya tahu malu untuk bertanya kepada yang lebih ahli jika mempunyai masalah dalam bisnisnya. Umumnya mereka takut untuk disebut ?payah? jika memaksakan diri untuk bertanya.

Jika Anda mengalami sindrom yang serupa, saran saya : tebalkan muka Anda.

Jangan malu untuk bertanya sebab bisa jadi hal yang Anda tanyakan itu akan menjadi jalan sukses untuk Anda. Jangan malu, atau Anda tidak akan pernah maju.

Saya sendiri kadang bertanya kepada orang tentang hal yang tidak saya mengerti. Bagi
saya, tidak masalah walau mungkin dianggap ?payah?, lebih baik kita yang dianggap
?payah? daripada bisnis kita yang hasilnya payah. Bukan begitu?
Jurus # 11 : Jangan Sombong
Poin ini kebalikan dari poin sebelumnya. Kalau yang sebelumnya malu untuk bertanya tentang hal yang tidak diketahui, kalau yang ini sombong merasa tahu segalanya.

Yang tipe-tipe seperti ini biasanya orang yang sudah cukup lama berkecimpung di dunia bisnis online, lalu dia merasa tahu segala macam seluk-beluk bisnis internet.

Ini adalah sebuah sikap yang sangat tercela. Sikap ini akan membuat Anda tidak disukai oleh banyak orang, plus Anda jadi sulit menambah ilmu baru.

Mengapa sulit menambah ilmu baru? Karena Anda menganggap bahwa Anda sudah tahu segalanya. Dan pada akhirnya, Anda tidak mau mencari ilmu baru. Dan efeknya, karena tidak mendapat ilmu baru maka bisnis Anda tidak akan berkembang, bahkan bisa jadi merugi karena tidak bisa mengikuti keadaan pasar.

Jadi : jangan sombong, rendah hatilah dan terus belajar.

Ngomong-ngomong, saya sering menemukan orang dengan tipe seperti ini.

Orang tipe ini biasanya merasa dirinya lebih ?master? (pakai tanda kutip). Biasanya orang yang seperti ini menulis di blognya tulisan tentang ?si anu newbie, si anu gk bisa apa-apa, income si anu masih belum sabanyak saya?, dst…

Orang tipe ini juga biasanya tidak menghargai karya orang lain. Kalau ada posting blog orang lain dia bilang blog tidak bermutu dan tidak berguna (padahal memang blogger pemula), kalau ada produk pembelajaran yang sukses disebut ?sampah?, produk level rendah (padahal jelas-jelas produknya ditujukan untuk pemula), kalau ada orang berargumen disepelekan, dan sebagainya…

Nasehat saya  : Anda jangan menjadi orang seperti ini!

Jika Anda merasa menemukan orang seperti itu, ingatkan dan jangan ikuti.

Dan jika Anda merasa seperti itu… well, saya katakan :

Mungkin Anda  merasa lebih pintar, lebih menghasilkan, tapi bukan berarti Anda bisa menghina rekan yang masih pemula. Mungkin Anda  merasa sudah master, tapi bukan berarti Anda boleh menyebut ?sampah? untuk berbagai blog dan panduan untuk pemula…
Tapi saya yakin Anda yang sedang membaca bukan tipe seperti itu, bukan orang yang sombong, sebab kalau Anda sombong tentu tidak akan membaca hingga sejauh ini.
Jurus # 12 : Buatlah Sebuah Punya Rencana

Tidak punya rencana juga merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya yang mengancam kesuksesan
Anda dalam berbisnis online. Dalam berbisnis, perencanaan adalah sebuah hal yang sangat mendasar yang bisa
menyebabkan perbedaan hasil 180 derajat dari sebuah bisnis yang tidak direncanakan
dalam pelaksanaannya.

Sayangnya kebanyakan pebisnis online yang saya kenal termasuk tipe yang tidak memiliki perencanaan, yang mengakibatkan bisnis mereka tidak berjalan sesuai dengan harapan. Padahal Andai mereka mau meluangkan waktu untuk memikirkan rencana bisnisnya, saya yakin hasilnya bisa lebih baik.

Contoh rencana bisnis online yang bagus, misalnya Anda membuat sebuah list berisikan apa yang harus dilakukan dan kapan Anda akan melakukannya. Anda bisa membuat berupa list, atau berupa tabel.

Misalnya :

Hari 1 : membeli domain + hosting
Hari 2 : domain dan hosting selesai, install wordpress
Hari 3 : keyword research + competitor analysis
Hari 4 : mencari dan membandingkan SEO Services di Forum DigitalPoint
Hari 5-10 : content writing
……. dan seterusnya ….

Susun rencana Anda sedemikian rupa sehingga bisa dicapai dengan kemampuan dan kondisi Anda saat ini. Jangan merencanakan kerja yang berlebihan karena akan membuat Anda kesulitan mengikutinya, tapi juga jangan merencanakan kerja yang terlalu santai karena hasilnya tidak akan optimal.

Ingat, jika Anda tidak mempunyai rencana Anda tidak akan mempunyai arah yang jelas dalam berbisnis. Pada akhirnya, hal itu akan menyebabkan bisnis yang Anda lakukan tidak mendapat hasil yang ?jelas? juga.

Jika Anda tidak mempunyari rencana apa pun, maka itu berarti Anda sedang merencakan sebuah kegagalan.


Jurus # 13 : Jangan Terlalu Perfeksionis
Jika Anda seorang yang perfeksionis, baguslah, dengan begitu Anda akan berusaha untuk mengerjakan setiap pekerjaan dengan sebaik mungkin.

Tapi kalau Anda terlalu perfeksionis… itu lain persoalan ?

Well, saya menemui beberapa orang yang terlalu perfeksionis dalam membangun bisnisnya. Mereka terlalu fokus dalam setiap detail bisnisnya hingga melupakan hal yang lebih penting dikerjakan terlebih dahulu.

Contohnya saya sendiri, saya pernah terlalu fokus pada sebuah web affiliasi saya hingga menghabiskan 2 jam lebih untuk sekedar memperhatikan tata bahasa artikel yang saya pergunakan di web tersebut, padahal sebetulnya sudah bagus dan mudah dimengerti (kebetulan situsnya berbahasa Inggris).

Nah, kalau sudah bagus lalu kenapa sampai saya habiska dua jam memperhatikan situs itu? Jawabnya : membaca ulang halaman tersebut puluhan kali, lalu mengganti tanda baca dan nada bicara saya sedikit demi sedikit --- dan pada akhirnya kembali ke versi yang sebelumnya.

Jika Anda mengalami hal yang sama, berarti Anda termasuk orang yang saya katakan
?terlalu perfeksionis?, ?

Jika Anda mengalami hal yang serupa, saran saya adalah : stop!

Jangan buang waktu Anda lagi untuk memperhatikan hal-hal yang kecil sehingga melupakan hal-hal yang lebih besar. Anda akan membuang waktu Anda dengan hasil yang tidak sebanding dengan waktu yang Anda keluarkan.

Lebih baik biarkan hal yang tidak terlalu mengganggu tersebut berlalu, lalu Anda fokus ke hal-hal yang lebih besar. Jangan melepaskan kesempatan besar demi meraih hal yang lebih kecil.

Jadi jika sekarang Anda masih bingung memilih kata-kata di akhir template blog Anda, apakah harus ?Powered by Wordpress? atau cukup ?Wordpress Powered?. Hentikan sekarang juga. Lebih baik fokuslah untuk membangun isi dari blog Anda, mencari link, bertukar banner.

Note : saya tidak mengatakan untuk tidak memperdulikan hal yang kecil. Hal-hal kecil kadang bisa memiliki efek besar.
Jurus # 14 : Harus Mau Bekerja Keras
Tidak mau bekerja keras adalah salah satu kesalahan fatal yang dilakukan para pebisnis online baik yang sudah berpengalaman maupun para pemula.

Untuk para pemula, mereka biasanya mengeluh bahwa membuat sebuah bisnis online bisa berjalan lancar itu perlu waktu, perlu tenaga, perlu usaha. Mereka mempunyai mindset yang salah bahwa bisnis online itu 100% mudah.

Padahal yang benar : tidak 100% mudah, tidak 100% susah.

Benar bahwa bisnis online bisa menghasilkan uang untuk Anda secara ?otomatis?, tanpa perlu bekerja, bahkan saat Anda tidur. Tapi untuk bisa menuju ke sana, Anda perlu bekerja dulu.

Untuk pertama-tama Anda harus mau bekerja keras merancang dan menjalankan sistem yang Ada, hingga sistem itu berjalan ?otomatis? dan bisa menghasilkan uang tanpa perlu dikerjakan oleh Anda.

Jika Anda tidak mau bekerja keras dulu di awal-awal bisnis Anda, Anda tidak akan
pernah bisa menghasilkan sistem yang ?otomatis? tersebut.
Jika Anda tidak mau bekerja keras, Anda mati, sistem Anda tidak akan pernah hidup. Untuk para pebisnis yang sudah berpengalaman : Anda bisa dengan mudah disalip /
didahului oleh para pebisnis yang masih baru ?terjun? yang bersedia bekerja keras
untuk mengejar kesuksesan Anda.

Halaman Berikutnya





Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Jurus 3 - 14 Berbisnis Online

loading...