Just Sharing

Jurus 15 - 31 Jurus berbisnis Online




Halaman Sebelumnya 

Jurus # 15 : Jadilah Pebisnis Yang Tekun
Kesalahan selanjutnya yang harus Anda miliki untuk bisa sukses berbisnis onlein adalah: tekun.
Gambar :
kata tekun dalam bahasa Mandarin
Yang saya maksud tekun adalah ketidakkonsistenan Anda dalam berbisnis. Setengah-setangah, berhenti di tengah jalan.

Saya banyak menemui orang yang baru setengah jalan membuat webnya lalu mereka berhenti. Entah dengan alasan malas, bingung, atau sebagainya.

Jujur saya katakan : kalau Anda seperti itu, Anda akan sulit untuk bisa sukses. Dan kemungkinan besarnya justru Anda gagal total.

Jika Anda benar-benar ingin sukses, jangan berhenti di tengah jalan. Terus kerjakan apa yang Anda kerjakan saat ini, sebab siapa tahu pada langkah berikutnya-lah kesuksesan Anda akan datang.

Tekun, itu intinya, Jangan berhenti di tengah jalan, hingga Anda sukses.

Siapa tahu pada posting blog Anda yang berikutnya-lah yang membuat orang ramai berkunjung ke blog Anda. Siapa tahu pada promosi berikutnya-lah orang akan mengenal dan membeli produk Anda. Siapa tahu pada link berikutnya, hasil SEO Anda akan masuk halaman pertama Google, dan sebagainya.

Dalam hidup, dalam bisnis, dalam mengejar prestasi, tekun adalah sebuah kata yang harus ada di dalam kamus Anda. Anda tidak boleh melupakan atau tidak melaksanakan
prinsip ini. Mundur sama dengan mati.

Jurus # 16 : Jadilah Pebisnis Yang Bersabar
Point berikutnya yang harus dimiliki seseorang untuk bisa sukses adalah: menjadi orang yang sabar.

Pada point sebelumnya saya sudah mengatakan bahwa tekun itu harus dimiliki. Nah yang jadi masalah, untuk bisa tekun mengerjakan apa yang harus dikerjakan itu memerlukan sebuah kesabaran yang tinggi.

Konon Thomas Alva Edison berhasil menemukan lampu pada percobaan yang ke
10.000 kali. Nah bayangkan, bagaimana kalau dia berhenti pada percobaan ke 9.999, akankah kita dapat menikmati lampu yang terang pada hari ini?

Tanpa kesabaran yang tinggi, saya jamin Anda tidak akan betah berlama-lama berbisnis. Karenanya kalau Anda kurang sabar, Anda bisa mati di tengah jalan.
Jadi, dari sekarang belajarlah bersabar. Kesabaran itu buahnya selalu manis.

Jurus # 17 : Terus Mencari Ilmu
Yang saya maksud di sini terus mencari berbagai tips dan trik serta langkah-langkah apa yang seharusnya diambil untuk bisa sukses dalam berbisnis online.
Kurang tahunya bisa dalam masalah cara mencari traffik dengan cepat, cara membuat sales letter yang menarik, cara memilih hosting yang tepat, cara membuat newsletter yang memikat, dan sebagainya.
Jika Anda tidak mengetahui apa yang perlu Anda ketahui untuk bisa sukses, maka Anda tidak akan pernah bisa sukses, Sama seperti Anda mencari harta karun tetapi tidak mempunyai peta untuk mencarinya, lalu bagaimana Anda akan menemukannya?
Nah untuk masalah yang ini solusinya hanya tiga : belajar, belajar, belajar ?
Untuk masalah belajarnya dari mana, terserah. Tapi secara umum Anda bisa belajar secara:
1.  Otodidak
Gratis, murah, tetapi kurang efektif. Bertambah ilmunya lama, tidak ada tempat bertanya, potensi gagal jelas sangat tinggi.
2.  Bersama pengajar
Berbayar, tetapi lebih efektif. Bertambah ilmunya cepat, bisa bertanya dan ada panduan untuk meminimalisir kegagalan.
Misalnya dengan join di forum pembelajaran atau membeli produk pembelajaran bisnis online. Atau membaca dari berbagai blog.
Saya sendiri sangat menyarankan pilihan kedua, sebab lebih menghemat waktu. Masalahnya sebenarnya walau belajar otodidak itu terlihat murah, tapi sebenarnya sama mahalnya atau bahkan lebih mahal.
Coba bandingkan biaya untuk membeli panduan berbisnis online dari saya (atau dari siapapun) dengan biaya untuk makan, koneksi internet, biaya listrik Anda untuk belajar otodidak selama satu bulan. Saya rasa akan lebih murah membeli panduannya ?
Jurus # 18 : Rajinlah Bergaul
Rajin bergaul dengan sesama rekan di dunia internet bisa menjadi salah satu penyebab kesuksesan Anda. Percayakah Anda?

Yup, benar. Masalahnya kadang teman / rekan bisnis itu bisa mempunyai ide yang cemerlang yang bisa membantu Anda meningkatkan hasil bisnis Anda. Jadi dengan kurangnya teman,
maka berkurang juga potensi Anda untuk sukses di dalam bisnis.
Bukan itu sajam dengan banyak teman Anda akan lebih mengetahui banyak peluang yang bisa Anda lakukan secara online, Mereka juga bisa menjadi sumber informasi tips dan trik yang penting untuk Anda ketahui. Jadi dengan kurangnya teman Anda, maka berkurang juga potensi Anda untuk mendapat peluang dan berbagai tips trik baru.
Pada akhirnya : hal ini membuat potensi Anda untuksukses semakin berkurang. Tidak ada bedanya dengan dunia bisnis offline, rekanan / jaringan itu penting.
Karenanya Anda harus aktif menjaring teman untuk berbisnis. Teman-teman Anda bisa
jadi membawa berbagai informasi yang tidak Anda ketahui sebelumnya yang berguna sekali bagi kemajuan bisnis Anda.

Lalu, di mana Anda bisa menemukan teman yang bisa membantu Anda untuk lebih
?panas? lagi dalam berbisnis online? Apakah di sembarang tempat?

Jawabannya : tempat terbaik adalah di dalam forum. Bukan sembarang forum tentunya, tapi forum yang membahas bisnis online (forum internet marketing).

Beberapa tempat yang saya ikuti dan saya rekomendasikan antara lain :

warriorforum.com forums.digitalpoint.com im4newbies.com/forum wickedfire.com V7N.com im4newbies.com/forum
internetmarketingforums.net

Join di berbagai forum tersebut, cari teman di sana dan cari berbagai ide untuk menghasilkan profit jauh lebih melimpah dengan bersosialisasi.

Jurus # 19 :  Anggaplah Bisnis Online Sebagai Sebuah Bisnis

Entah karena bisnis online tidak memerlukan interaksi secara langsung, atau entah karena sebab lainnya, banyak orang yang tidak menganggap bisnis online adalah sebagai sebuah selingan saja. Tidak dianggap bisnis.

Akibatnya mereka tidak member perhatian yang penuh pada bisnis di internet yang mereka jalankan, mereka tidak memberikan curahan waktu, dana dan tenaga yang cukup karena mereka menganggapnya sebagai sebuah selingan. Mereka tidak mau mengeluarkan modal karena tidak serius, dan seterusnya….

Akhirnya, website yang mereka buat asal-asalan saja. Sales letter yang mereka buat terlihat tidak menarik. Newsletter mereka sepi total, traffik ke situs/blog mereka pun seadanya. Hasil akhirnya : bisnis tidak lancar.

Sebagaimana pekerjaan apa pun yang dilakukan setengah hati tidak akan optimal, maka bisnis online pun demikian, jika Anda hanya melaksanakannya setengah hati maka Anda kemungkinan besar pun hasilnya tidak optimal.

Iingat : bisnis online adalah sebuah bisnis nyata, hanya medianya saja yang maya. Uang yang Anda hasilkan adalah uang yang nyata, bukan?

Jadi seharusnya Anda benar-benar memperlakukannya sebagai sebuah bisnis yang nyata, yang perlu diperhatikan.
Jurus # 20 : Fokus Fokus Fokus Fokus Fokus

Salah satu penyebab utama lainnya yang menyumbang kontribusi terbesar untuk kesuksesan seseorang dalam berbisnis online adalah : menjadi orang yang fokus.

Ada beberapa pebisnis online yang menjalankan beberapa bisnis online sekaligus, namun pada akhirnya tidak ada satu pun di antara bisnis yang mereka jalankan yang berhasil meraup untung besar – tetap untung, tapi kecil.

Penyebabnya? Bukan karena bisnis-bisnis yang mereka jalankan tersebut tidak berpotensi untuk menghasilkan untung besar, tetapi yang jadi masalah adalah fokusnya yang terbagi-bagi.

Dengan terbagi-baginya fokus bisnis yang mereka lakukan, maka setiap bisnisnya hanya mendapat sedikit optimasi. Dana iklan, tenaga untuk editing blog / situs, waktu untuk belajar, semuanya terbagi. Dan akibatnya, tidak ada satu pun hasilnya yang optimal. Jadi, pastikan Anda hindari hal ini.

Terkait masalah fokus ini, ada sebuah kasus menarik dari Amit Mehta, seorang PPC
super affiliate, dalam sebuah report yang ditulisnya.
Jadi ceritanya ada dua orang affiliate, sama-sama menghasilkan US$ 100 per harinya. Affiliate pertama menghasilkan US$ 100 dari sebuah project promosinya, dan dia
berfikir bahwa jika dia membuat 10 buah project internet marketing seperti itu dia akan
bisa meraih US$ 1,000 per harinya. Akhirnya dia pun membangun berbagai situs dengan harapan mendapat income berkali lipat.

Hasilnya? Setelah 6 bulan kemudian, situs-situsnya banyak yang hancur, karena fokusnya terbagi-bagi. Dan pendapatannya tetap hanya US$ 100/hari.

Bagaimana dengan affiliate kedua?

Affiliate kedua juga menghasilkan US$ 100 dari sebuah project promosinya, tetapi dia tidak berfikir untuk membuat banyak project serupa. Yang dia lakukan adalah mencoba untuk mengoptimalkan projectnya yang satu ini untuk meraih hasil profit yang lebih tinggi lagi.

Hasilnya? Setelah 6 bulan kemudian dia bisa menghasilkan US$ 1,500/hari (!) dari projectnya yang benar-benar dioptimalkan tersebut. Itu adalah kekuatan dari  fokus!

Jadi, sekarang apa yang ingin Anda lakukan?  Masih tidak ingin fokus?

Jurus # 21 : Selalu Melakukan “Test Dan Ukur”
Point yang ini tidak boleh terlewat, yaitu selalu melakukan
?test dan ukur?.

Untuk poin yang ini, sebagian orang menyebutnya test and track, sebagian lagi menyebutnya test and measure. Tapi saya lebih suka memakai bahasa Indonesia, test dan ukur.
Ya, jika Anda ingin bisa sukses dalam melakukan bisnis, apa pun, di mana pun, konsep test dan ukur haruslah
menjadi salah satu fokus perhatian Anda. Jika sekarang Anda sudah mau dan berani mengeluarkan modal untuk berbisnis, bagus. Tetapi jika Anda tidak melakukan test dan ukur, bisa saya pastikan biaya berbisnis yang Anda keluarkan menjadi tidak efisien.
Nah supaya, efisien, Anda harus melakukan test dan ukur dalam perjalanan bisnis Anda. Lakukan sebuah percobaan, catat hasilnya, lalu ukur (evaluasi), bagaimana hasil yang didapatkan? Jika sudah bagus, teruskan atau beralih kepada optimasi poin
lainnya dari bisnis Anda. Jika belum, ganti dan terus benahi hingga hasilnya OK.
Contohnya :
Lakukan percobaan memasang berbagai judul iklan yang berbeda-beda, hitung hasil penjualan yang didapatkan dari hasil iklan tersebut berapa. Jika hasilnya dengan judul ?abc?, teruskan. Jika hasilnya buruk dengan judul ?abc?, ganti menjadi ?def?, dan seterusnya hingga cocok.
Lakukan percobaan memasang iklan pada berbagai jaringan iklan yang berbeda. Setiap jaringan memiliki pasar, jangkauan dan karakteristiknya masing-masing. Jika Anda merasa yang sekarang kurang bagus, coba beralihlah ke jaringan
iklan pesaing, siapa tahu lebih cocok.
Coba taruh lead form (opt-in form) Anda di awal halaman, hitung berapa persentase leads yang bisa Anda dapat dalam sehari? 10%?
Sekarang coba taruh form opt-in Anda di bagian tengah halaman, di akhir
halaman, melayang sepanjang halaman. Mana yang paling besar presentasenya? Temukan dan gunakan hal tersebut sebagai senjata utama. Coba ganti headline sales letter Anda, lihat apa pengaruhnya pada konversi. Semakin turun atau semakin tinggi? Apakah dari 1% menjadi 2%? Atau malah menjadi lebih kecil (Turun) konversinya?
Jika turun, kembalikan ke semula, atau modifikasi lagi. Jika naik, teruskan.
Lakukan dengan 5-10 headline berbeda, dan pilih salah satu yang hasilnya paling bagus.
Coba ketahui dari mana saja sumber traffik Anda? Dari mana saja Anda mendapat pengunjung? Perbaiki sumber traffik yang belum bagus, optimalkan sumber traffik yang sudah ada.
Lakukan test dan ukur apakah URL affiliasi Anda banyak yang meng-klik? Apakah kampanye newsletter Anda menghasilkan konversi yang besar?
… dan sebagainya….

Untuk memudahkan Anda melakukan proses test dan ukur ini, Anda bisa mempergunakan berbagai alat bantu untuk melakukan test dan ukur yang ada di internet, ada banyak program gratisan yang bisa Anda manfaatkan. Tools ini biasa disebut tools statistik / analytics.

Beberapa contoh alat bantu analisa yang bisa Anda pergunakan (dan juga saya pergunakan) seperti :

Histats.com untuk mengecek data trafik situs Anda
Snipurl.com untuk mengecek jumlah klik pada URL affiliasi Anda
Feedburner.com untuk mengecek statistik Feed dari situs / blog Anda
Dan  masih banyak lagi alat-alat untuk melakukan test dan ukur yang lainnya.

Dengan melakukan test dan ukur, Anda menjaga efisiensi dan efektifitas bisnis Anda. Dengan demikian Anda bisa menjaga bahkan meningkatkan keuntungan bisnis Anda.

Contohnya : melakukan berbagai test headline dan sales letter untuk menaikkan tingkat konversi. Bayangkan bagaimana jika Anda bisa menaikkan konversi sales letter Anda dari 1% menuju 2%? Itu berarti untung Anda berlipat menjadi dua kali!

Lalu bagaimana kalau dari hasil test dan ukur tersebut Anda bisa menghasilkan sales letter yang memiliki konversi 3% bahkan 4%?

Atau bagaimana hasilnya jika Anda bisa menemukan sebuah formula iklan yang memungkinkan terjadinya 5-10 pembelian dari setiap 100 klik?

Bayangkan semua kemungkinan yang terjadi, lalu pikirkan : mungkinkah semua hal tersebut bisa Anda dapatkan tanpa mau melakukan proses test dan ukur?

Lalu pikirkan juga : andai Anda tidak melakukan proses test dan ukur tersebut, sudah berapa banyak potensi keuntungan yang Anda lewatkan?

Karenanya, jika Anda sekarang belum melakukan test dan ukur, lakukan sekarang juga. Jika tidak, berarti Anda melewatkan berbagai keuntungan yang bisa diraih.

Jurus # 22 : Tidak Banyak Berkhayal

Jurus # 23 : Tapi Banyaklah Berusaha

Kedua sikap  di atas (tidak banyak berkhayal + banyak berusaha) saya gabungkan menjadi satu karena keduanya saling berkaitan erat satu sama lain.

Ya, banyak sekali para pebisnis online yang tidak sukses karena mereka terlaul banyak berkhayal tetapi sedikit sekali melakukan usaha.
Mereka sudah berlaku bagus,  berencana melaksanakan ini-itu, membuat berbagai plan yang sepertinya akan berlangsung bagus. Tapi sayangnya mereka tidak menjalankannya sama sekali. Mereka tidak melakukan rencana yang telah mereka susun tersebut dan membiarkan rencana tersebut hanya menjadi sekedar rencana.

Atau, mereka sudah melaksanakan rencana yang dibuat, tetapi mereka tidak menjalankannya dengan sepenuh hati. Tetapi sayangnya mereka banyak berharap dari kerja yang sedikit akan menghasilkan hasil yang jauh lebih besar.

Intinya, mereka sudah action, tetapi tidak berusaha 100% dalam action mereka. Jika Anda tidak merasa demikian, selamat.
Tapi jika Anda merasa termasuk orang yang seperti ini, berubahlah dari sekarang,
sebelum sebelum kegagalan menyapa Anda, sebelum semuanya terlambat.
Jurus # 24 : Milikilah Jadwal Yang Jelas
Untuk menjadi seorang pebisnis online yang baik dan efektif, maka: milikilah jadwal yang jelas!

Mereka yang tidak memiliki jadwal yang jelas biasanya berbisnis setengah-setengah saja, karena merasa tidak memiliki kewajiban untuk berbisnis.

Apakah Anda mengalami hal yang sama?

Jika iya, nah, sebagai solusinya, Anda bisa membuat sebuah jadwal berbisnis online yang harus Anda patuhi. Pastikan Anda memberi hukuman kepada diri Anda sendiri jika Anda melanggar jadwal yang Anda  buat tersebut, untuk memacu diri Anda supaya berusaha jauh lebih keras lagi.

Misalnya :

Jadwalkan kepada diri Anda setiap hari pukul 20.00 – 21.00 untuk membangun jaringan. Pada waktu tersebut Anda harus membuat sebuah posting blog, lalu berkunjung kepada minimal 10 blog lain untuk bertukar link, sekedar menyapa, memberi komentar dan sebagainya.

Berikan hukuman kepada diri Anda sendiri untuk bekerja dua kali lipat (membuat dua buah posting blog dan berkunjung ke 20 blog lain) pada hari berikutnya, jika hari sebelumnya Anda tidak melakukan jadwal yang Anda tentukan.

Sederhana tapi powerfull, silakan dicoba.

Jurus # 25 : Jangan Suka Menunda-nunda

Tidak suka menunda-nunda adalah salah satu kunci sukses para pebisnis online yang besar.

Kenapa menjadi penyebab sukses? Jawabnya sederhana, yaitu bisnis Anda tidak akan maju jika setiap rencana yang Anda tetapkan jalan sesuai waktu yang ditentukan. Setiap proses yang Anda terselesaikan, akan membuat pekerjaan Anda menjadi lebih ringan.

Selain itu, semakin Anda menunda pekerjaan, maka Anda akan semakin ketinggalan oleh saingan Anda (ya, bisnis online pun memiliki persaingan), dan membuat posisi Anda semakin terpuruk dan semakin sulit mengejar ketertinggalan Anda.

Akibatnya? Semakin susah usaha Anda untuk bisa sukses.

Jadi jika Anda saat ini belum mencoba untuk berbisnis online, belum mencoba untuk berguru kepada yang sudah terpercara, belum mencoba untuk melakukan promosi bisnis Anda, maka …

Hey, what are you waiting for? Apa yang Anda tunggu?

Segera bergerak sekarang juga! Mulai berbisnis sekarang juga, mulai menerapkan rencana-rencana Anda sekarang juga, mulai mencari keuntungan sekarang juga!

Jangan menunda lebih lama lagi!
Jurus # 26 : Minimalisir Gangguan

Pada point sebelumnya, saya sudah menyinggung tentang manajemen waktu dan perencanaan waktu dalam berbisnis online.

Anda harus benar-benar merencanakan dan menjalankan tips manajemen waktu yang saya sebutkan supaya Anda bisa benar- benar bisa sukses dalam berbisnsi online.

Untuk yang masalah rencana, oke, menyusun rencana memang mudah. Tapi yang jadi masalah, kadang untuk melaksanakan
rencana-rencana itu semua terasa berat karena adanya berbagai ?gangguan yang
membahagiakan? dalam kegiatan online Anda, seperti

Browsing tidak jelas
Berburu MP3 & software (apalagi yang illegal) Bermain game online
Aktif di forum gossip (bukan forum internet marketing) Membaca komik online
Baca berbagai blog tanpa tujuan jelas
?Menghabiskan? berbagai video di youtube.com
Dan sebagainya….

Menyenangkan bukan kegiatan-kegiatan tersebut? Ya menyenangkan, tapi jelas tidak menguntungkan.
Para pebisnis online yang terjebak dalam kegiatan seperti itu biasanya hasil bisnisnya tidak maksimal. Mereka bisa dibilang orang yang sibuk. Sayangnya, mereka tipe orang yang sibuk tapi tidak produktif.

Nah, jika Anda tidak ingin terjebak dalam kondisi seperti itu, maka Anda harus menyingkirkan berbagai akses yang memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai kegiatan yang tidak jelas tersebut.

Tutup semua jalan yang membuat Anda bisa mengakses situs-situs tersebut! Anda harus mencoba memaksa diri Anda untuk tidak merasakan nikmat yang sebentar (bermain-main tanpa arah yang jelas) untuk bisa meraih nikmat yang lebih lama (untung dalam berbisnis).

Paksa diri Anda untuk tidak membuka situs-situs tersebut, dan paksa diri Anda untuk hanya menghabiskan waktu Anda di internet untuk kegiatan yang produktif. Atau jika
Anda merasa lemah dalam komitmen, anda bisa memakai software filter untuk membatasi akses internet Anda, seperti software dari  NetNanny.Com. Silakan install lalu blokir situs-situs yang biasa memakan banyak waktu Anda, supaya Anda tidak bisa mengaksesnya dan tidak menghabiskan waktu di sana.

Paksa diri Anda sedikit lebih keras untuk menghabiskan waktu mengoptimasikan bisnis, jangan menjadi orang yang lemah terhadap keinginan bersenang-senang sementara yang mengakibatkan Anda rugi selamanya

Ingat : jika Anda keras terhadap diri Anda, dunia bisnis akan lunak terhadap diri Anda. Tetapi jika Anda bersikap lunak terhadap diri Anda, maka dunia bisnis akan bersikap
keras terhadap Anda.


Jurus # 27 : Buat Sebuah Check List

Seringkali penyebab para pebisnis online mendapat hasil yang kurang optimal adalah karena tidak mempunyai sistem yang membuat mereka bisa mengecek apa saja yang sudah mereka lakukan dan apa saja yang belum mereka lakukan.

Akibatnya mereka menghabiskan banyak waktu melakukan kembali (atau mengecek kembali) hal-hal yang mereka anggap penting, yang sebenarnya sudah mereka lakukan (tapi mereka lupa bahwa mereka sudah pernah melakukannya).

Akibatnya, hal tersebut membuat mereka kehabisan waktu untuk melakukan hal-hal penting yang belum mereka lakukan (tapi mereka menganggap bahwa mereka sudah melakukannya) dan membuat bisnis mereka menjadi berantakan.

Nah, jika Anda juga mengalami masalah seperti itu, maka saran saya sebaiknya Anda harus membuat sebuah check list yang berisikan apa-apa saja hal penting yang perlu Anda lakukan. Ini untuk mempermudah Anda melakukan pengecekan terhadap bisnis Anda dan membuat perjalanan bisnis Anda menjadi lebih efisien.

Untuk membuat check list-nya Anda bisa menggunakan media apa pun yang Anda sukai, entah itu digital (file digital) ataupun media fisik (seperti kertas)

Saya sendiri biasa menggunakan sebuah spreadsheet / kertas kerja memanfaatkan
Microsoft Excel untuk menaruh berbagai daftar pekerjaan yang harus saya lakukan.

Ini sebagai contoh, sebuah excel spreadsheet dari project SEO saya untuk website affiliasi yang saya miliki :
Anda bisa perhatikan di sana saya membuat daftar apa saja optimasi SEO yang saya lakukan untuk situs saya tersebut. Dengan membuat perencanaan seperti itu, saya bisa mengetahui apa saja yang sudah dan belum saya lakukan untuk optimasi website saya tersebut.

Dengan mengetahui hal-hal yang sudah saya lakukan, saya tidak berbuat ?kesalahan? dengan mengulangi hal tersebut. Dan dengan mengetahui hal apa saja yang belum saya lakukan maka saya bisa melakukan optimasi terhadap hal-hal tersebut sesegera mungkin.

Sangat bermanfaat, bukan?

Nah, jika Anda belum membuat check list seperti ini, saya sarankan untuk membuatnya dengan segera. Membuat check list adalah sebuah pekerjaan mudah, tapi sayangnya banyak orang yang malas melakukannya.

Jurus # 28 : Jangan Mengambil Jalur Black Hat (Curang)
Salah satu penyebab masalah yang banyak ditemui dalam kancah bisnis online adalah karena teknik Black Hat yang dilakukan oleh beberapa oknum internet marketer.

Jika Anda belum mengetahui apa yang dimaksud dengan Black
Hat, maka secara singkat bisa saya katakan bahwa Black Hat adalah segala usaha dalam bisnis yang melawan ketentuan yang seharusnya.

Contoh kecilnya, dalam dunia promosi via SEO, banyak yang melakukan kegiatan Black Hat (curang) dengan membeli link dari situs tertentu menuju situs mereka. Sebut saja situs yang membeli link tersebut sebagai situs X.

Hal ini (membeli link) adalah sebuah hal terlarang, sebab mereka melakukan hal tersebut untuk mengelabui sistem perangking-an searh engine (seperti Google, Yahoo, MSN, dst) dan mendapat ranking yang tinggi di hasil pencarian berbagai search engine untuk keyword tertentu dan mencoba meraup keuntungan dari sana.
Mereka berpikir pendek dalam melakukan kegiatan tersebut, mereka hanya memikirkan keuntungan untuk mereka semata dan merugikan para pengguna internet yang betul- betul mencari informasi yang bermanfaat, yang menjadi tersasar ke situs-situs para internet marketer Black Hat tersebut.

Sejauh ini terlihat bagus? Betul. Tapi ini tidak berlangsung lama. Sebab beberapa saat kemudian Google dan teman-teman mengetahui bahwa situs X telah melakukan cara- cara Black Hat dalam promosinya, dan akhirnya Google dan teman-teman pun menjatuhkan hukuman dengan mem-black-list situs tersebut dari daftar pencariannya.

Sebagai akibatnya, situs X tersebut tidak mendapatkan traffik secara FREE lagi dari search engine dan akhirnya mati. Perjuangan bertahun-tahun tersebut akhirnya hilang tidak berbekas dikarenakan ulahnya sendiri.

Nah, kalau sudah begini, apa masih bagus?

Banyak orang yang menyangkan bahwa di dunia internet kita bisa bebas berbuat apa pun sekehendak kita, tanpa aturan, tanpa hukuman. Padahal, faktanya tidak seperti itu, faktanya adalah peraturan hukum itu ada di dalam dunia bisnis online, seperti juga halnya dalam dunia bisnis offline.

Nah, sama seperti di dunia bisnis offline (bisnis di dunia nyata) yang memiliki aturan yang membuat sebuah bisnis bisa hancur karena di-black-list oleh orang-orang, begitu
pun di dunia maya. Bisnis Anda bisa hancur lebur dan di-black-list oleh orang-orang jika
Anda melakukan kegiatan yang sifatnya Black Hat.

Jadi, jangan pernah mengambil jalur Black Hat dalam kegiatan bisnis online Anda.
Jurus # 29 : Berfokus Pada Kualitas
Saat Anda berjalan-jalan ke toko sepatu (offline) harus memilih antara dua produk, mana yang akan Anda beli? Yang kualitasnya biasa-biasa saja atau yang berkualitas (bagus)?

Jawabannya tentu jelas : yang berkualitas (bagus). Sepatu yang desainnya bagus, harga terjangkau, bahannya awet dipakai tentu akan menjadi pilihan utama Anda (dan para pengunjung lain)

Nah, sama dengan di dunia bisnis online, Anda pun harus memiliki produk berupa barang atau jasa yang berkualitas untuk bisa tumbuh dan berkembang.

Jika Anda mempunyai jasa web hosting, jadilah web hosting yang terpercaya. Jika Anda berbisnis Google Adsense, jadilah publisher dengan kualitas situs yang bagus. Jika Anda melakukan bisnis advertising agent, berikan hasil berkualitas pada pengiklan yang beriklan di tempat Anda. Dan seterusnya…

Bagaimana jika Anda tidak punya produk atau jasa sendiri? Jadilah affiliate. Jadilah affiliate yang bagus performanya dalam berpromosi dan pilihlah produk yang bagus untuk dipromosikan (produk-produk di  www.amazon.com, misalnya).

Ada pebisnis online yang tidak memfokuskan diri pada kualitas mengalami kemerosotan dalam bisnisnya. Pada tahun pertama, ok, tetapi pada tahun kedua dan berikutnya bisnisnya langsung layu.

Sebaliknya saya melihat banyak bisnis yang memiliki produk dan jasa berkualitas tinggi yang hidup bertahun-tahun dan terus berkembang dari hari ke hari, walaupun harganya produk dan jasa yang ditawarkannya lebih mahal dari saingannya (yang memberikan harga murah tapi kualitas rendah).

Nah, Anda ingin menjadi tipe yang mana?

Jurus # 30 : Jangan Serakah

Apakah Anda sudah bisa menghasilkan puluhan, ratusan atau bahkan ribuan dollar dari Internet?

Jika iya, bagus. Bersyukurlah dan jangan serakah.

Serakah, tidak bersyukur akan apa yang sudah didapat, bisa menjadi sebuah senjata yang mematikan bagi Anda, para pebisnis online.

Saya menemukan kasus ada beberapa orang pebisnis online yang sangat dan tidak pernah bersyukur akan apa yang telah didapatkannya. Segala macam cara ditempuh, entah white hat atau black hat, demi menggelembungkan keuntungannya.

Tetapi, pada akhirnya apakah hasil yang diharapkannya terkabul? Apakah keuntungan berlimpah yang diidamkannya tercapai? Ternyata tidak. Bisnisnya bukannya semakin maju, tetapi malah semakin lesu.

Saya bingung, sebab kalau dilihat dari kasat mata, seharusnya bisnisnya bisa lebih maju pesat dan menghasilkan untung yang lebih tinggi.. akhirnya saya ingat, bahwa rezeki itu memang bukan di tangan manusia.

Ya saya teringat, bahwa rezeki itu di tangan Allah Yang Maha Esa (agama saya Islam), dan Dia hanya menambah rezeki kepada hamba-hambaNya yang bersyukur.

Untuk yang ini agak sulit dijelaskan secara teknis, tetapi memang begitulah kenyataannya. Dan saya yakin siapapun Anda, di mana pun Anda, apa pun latar belakang Anda, Anda pasti faham tentang yang saya maksudkan.
Karenanya, jangan serakah, jadilah orang-orang yang bersyukur.. Ingat, masih banyak orang yang nasibnya ?tidak lebih baik? dari Anda.

Jurus # 31 : Aktif Mencoba Hal Baru



Rajin mencoba hal-hal baru, mencoba teknik-teknik baru, mencoba cara-cara promosi baru, adalah salah satu cara untuk sukses di dunia bisnis online yang cepat ini.

Internet adalah sebuah media yang dinamis, semua bisnis berkembang dengan cepat di sini.

Lihatlah model bisnis lama, yang mengandalkan toko satu arah (web 1.0) kini sudah mulai ditinggalkan. Semua bergantu dengan toko-toko yang berpola web 2.0.

Lihatlah model bisnis lama, pembuatan website statis yang tidak memungkinkan interaksi antara pengunjung dan pemilik website, sekarang sudah tertinggal dengan banyaknya situs-situs yang interaktif.

Lihatlah teknik-teknik SEO kuno seperti keyword stuffing, 10 tahun yang lalu hal itu bisa membuat situs Anda ada di halaman pertama Google / Yahoo, tapi sekarang hal itu tidak akan membuat situs Anda berada di halaman pertama. Justru hal tersebut akan membuat situs Anda diblacklist dari Google / Yahoo.

Dunia berkembang, teknologi berkembang, Anda pun harus berkembang. Coba hal-hal baru, ikuti trend teknologi terkini, pelajari teknik marketing paling mutakhir!

Cari rekan-rekan bisnis yang baru, gunakan strategi blogging terbaru, cari sumber traffik yang baru untuk situs dan blog Anda!

Anda tidak bisa tetap memakai strategi bisnis Anda yang lama di saat saingan-saingan
Anda memakai berbagai strategi baru yang lebih efektif. Atau Anda akan mati!

Halaman Berikutnya




Baja Juga


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Jurus 15 - 31 Jurus berbisnis Online

loading...