Just Sharing

Tips Mengikuti Wawancara Kerja



Sedikit banyak saya pernah mendapatkan pengalaman wawancara kemudian sering mendapat nasehat kakak dalam kaitanya mengikuti sesi wawancara kerja, bisa masuk wawancara kerja rasanya senang luar biasa, karena terkadang ada juga yang masukin lamaran kerja tidak ada balasan. Ketika berjalannya wawancara ini juga menjadi perhatian karena setiap kata yang keluar dari mulut itu menjadi penilaian yang mewawancarai. Jadi memang kalau mau diterima kerja kalimat yang terucap harus sesuai dengan keinginan yang mewawancarai. Salah kalimat saja bisa mencoret anda dan tidak lolos ketahapan berikutnya.

Sedikit cerita, pengalaman wawancara saya meski sudah hampir 10 tahun saya masih terus ingat pertanyaan wawancara ini yaitu organisasi apa yang pernah anda ikuti, waktu itu saya nihil ga pernah ikut organisasi, dalam hati nyesel juga dulu waktu sekolah tidak aktif di organisasi, ternyata ada manfaatnya ketika bekerja. Dari organisasi ini ternyata terdapat pembelajaran-pembelajaran antara lain manajemen, job description, jadi hal tersebut terkait sampai didunia kerja, dengan pernah mengikuti organisasi orang ini akan tahu bagaimana menjadi seorang pekerja yang memiliki aturan-aturan seperti disebuah organisasi dan  dari situlah hanya menebak dari pertanyaan tersebut seputar organisasi itu saya rasa yang membuat saya gagal diterima kerja.

Kemudian yang sering ditanyakan dalam wawancara adalah gaji yang di inginkan, berikut saya pernah mendapatkan nasehat ketika wawancara ditanyakan masalah gaji, jika anda menginginkan gaji sesuai keinginan anda maka anda harus menjelaskan apa yang akan dilakukan anda terhadap perusahaan, misalnya saja anda menginginkan gaji 10juta perbulan maka anda jelaskan secara rinci cara kerja dan target-target anda untuk memajukan perusahaan.

Jika anda menjawab gaji sesuai aturan perusahaan anda jelaskan ungkapkan bahwa dengan gaji yang diatur oleh perusahaan anda akan mengikuti aturan kerja yang diberikan kepada anda.

Demikian share pengetahuan saya tentang wawancara, silakan jika ada yang mau menambahkan, akhir kata semoga bermanfaat.






Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Mengikuti Wawancara Kerja

loading...