Just Sharing

Tips Menjaga Keamanan Tabung gas untuk Kompor dirumah



Sebuah peristiwa pernah saya lihat pada saat acara masak-masak disebuah hajatan disitu ketika sedang memasak dengan posisi kompor dan tabung gas bersebelahan tiba-tiba tabung gas keluar api dikarenakan regulator yang belum pas terdapat kebocoran dan berbunyi cesss, tapi pada saat itu belum meledak seperti yang diberitakan ditelevisi peristiwa ledakan karena tabung gas.

Apa yang terjadi keadaan disekitar orang-orang panik karena takut meledak, namun bisa terselematkan karena salah satu orang tersebut langsung mengambil kain basah kemudian dilemparkan ke tabung gas tersebut yang masih dalam keadaaan menyala. Dengan ditutupnya tabung tersebut dengan kain basah api langsung padam, meski tetap bunyi cesss regulator dan langsung dilepaskan, perhatian orang disekitar yang mendadak panik, ketika sudah padampun merasa lega dengan tubuh yang lemas.

Dari peristiwa kebocoran gas yang mengakibatkan api tersebut, terdapat pelajaran yang bisa dipetik yang akan saya share berikut ulasannya

1. Letakan tabung gas dengan kompor jangan bersebelahan langsung lebih baik ada pembatas, karena bisa saja tiba-tiba terjadi kebocoran dan pada saat itu lagi memasak api bisa menyambarnya

2. Gunakan regulator dan slang yang berkualitas demi keamanan, karena peristiwa yang diulas diatas terjadi karena pada regulatornya yang sudah tidak bagus.

3. Ketika dalam pemasangan masih berbunyi atau berbau tanda gas ada kebocoran jangan nyalakan api, atau nyalakan kompor betulkan dulu ganti cil kalau masih belum bisa berarti  regulator perlu diganti.

4. Sekarang banyak alat pengaman untuk regulator, untuk menjaga keamanan alangkah baiknya menggunakan alat pengaman tersebut.

Demikian tentang tips bagaimana menjaga keamanan tabung gas pada kompor gas, semoga bermanfaat.




Baja Juga


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Menjaga Keamanan Tabung gas untuk Kompor dirumah

loading...