Just Sharing

Resensi Buku Dengan Judul Kekayaan Sumber Daya Indonesia



LAPORAN HASIL BACA BUKU
PELAJARAN I
GEMAR MENEROKA ALAM SEMESTA

Judul : Kekayaan Sumber Daya Indonesia
Pengarang : Heri Sucitro, SPd
Editor : Sriyani, SPd
Penerbit : PT. Era Pustaka Utama
Tahun terbit : 2008
Tebal : 76 halaman


I. Hal yang telah dipelajari dari buku ini adalah  bahwa Heri Sucitro, SPd, Sriyani S.Pd, Riza Arsyad, Isnar Yuaningsih adalah penyusun buku berisi 76 halaman dan berjudul Kekayaan Sumber Daya Indonesia : masalah dan pengelolaanya. Buku ini membahas uraian tentang berbagai kekayaan sumber daya Indonesia baik yang berupa sumber daya alam maupun sumber daya manusia.
 Indonesia memiliki keduanya. Sumber daya alam yang melimpah dan sumber daya manusia yang melimpah pula. Sumber daya alam yang dibahas dalam buku ini adalah hutan,laut, dan kekayaan aneka tambang yang ada dinperut bumi Indonesia. Dan mengenai sumber daya manusia yang membahas tentang Sumber Daya Manusia dan Sebuah Potensi, dan tentang ketenagakerjaan. Disini manusia memiliki tugas mengelola alam dalam arti menjaga, memanfaatkan, dan melestarikannya.

II. Dalam buku ini kita dapat mempelajari banyak informasi tentang sumber daya alam yang di dalamnya memuat tentang macam-macam sumber daya alam yang ada di indonesia, renewable resources dan unrenewable resporce, kekayaan hutan di Indonesia, kekayaan laut di Indonesia,kekayaan tambang Indonesia, dan sumber energi melimpah di masa depan.  membahas tentang sumber daya manusia yang di dalamnya memuat tentang sumber daya manusia sebuah potensi, dan ketenagakerjaan. Penulis mampu menjelaskan berbagai hal dengan lengkap dan jelas, bahasa yang digunakan sangat mudah untuk dipahami, buku ini juga dilengkapi gambar yang dapat memperjelas hal yang sedang di bahas, misalnya gambar mengenai aneka kekayaan tambang indonesia, lokasi tambang dan produksinya yang ada di Indonesia, jenis-jenis sumber energi,dan masih banyak lagi. Sehingga dengan membaca buku ini dapat menambah wawasan mengenai  kekayaan sumber daya alam di Indonesia.

III. Kekurangan dalam buku ini, buku ini hampir tidak memiliki kekurangan karena buku ini menjelaskan dalam bentuk kalimat  yang tidak terlalu rumit hanya saja gambar-gambar yang terdapat dalam buku ini tidak berwarna, sehingga terlihat kurang menarik walaupun begitu gambar ini cukup memberikan info yang jelas meskipun buku ini memiliki sedikit kekurangan, tapi tentu tidak menjadi masalah karena isinya sangat berguna bagi kita.

IV. Alasan memilih buku yang berjudul kekayaan sumber daya alam ini karena buku ini mengungkap sumber daya sebagai potensi atau nilai lebih yang diberikan kepada bangsa Indonesia yang diharapkan supaya menambah rasa syukur, rasa cinta tanah air dan juga mampu menumbuhkan optimisme dalam hidup dan mitivsai untuk maju menguasai ilmu pengetahuan. Dan teknologi, karena dengan bekal ilmu pengetahuan dan teknologi manusia dapat memanfaatkan secara  maksimal kekayaan sumber daya melimpah.




Baja Juga


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resensi Buku Dengan Judul Kekayaan Sumber Daya Indonesia

loading...