Just Sharing

Bagaimana menjadi penulis yang baik bagi pemula



Jadi Penulis itu sulit dan Penulis itu hebat, Jadi penulis menurut saya profesi yang hebat, siapa saja bisa menulis tapi untuk menulis yang berkualitas, menulis yang disukai pembaca itu sulit, aktivitas penulis seperti penulis novel, penulis naskah berita, penulis blog dan penulis lainnya dibutuhkan wawasan yang luas untuk bisa membuat sebuah tulisan yang baik ide topik informasi atau berita yang menarik. Dan jadi penulis itu hebat karena dengan tulisannya itu akan memberikan pengaruh kalau tulisannya berisi informasi yang bermanfaat akan memberikan manfaat untuk banyak orang yang membacanya. Mungkin bisa menyebutnya lagi tulisan bisa merubah dunia. Lihat saja tulisan-tulisan yang diterbitkan dalam bentuk buku, kemudian dijadikan acuan untuk mengajar siswa, kemudian siswa-siswa ini menjadi terdidik menjadi generasi yang akan membawa perubahan yang lebih cerdas untuk kemajuan negaranya.

Baru tadi siang saya googling bagaimana menjadi penulis yang baik yang berkualitas bagi seorang pemula tidaklah mudah berikut beberapa rangkuman bagaimana menjadi penulis yang baik, berikut ulasannya

1. Membaca dan perbanyak membaca
Inilah salah satu nasehat yang saya dapatkan dari baca-baca di blog rata-rata memberikan nasehat untuk banyak membaca,
- karena dengan membaca ini medapatkan pengetahuan sehingga dari pengetahuan tersebut bisa dijadikan topik atau materi dalam tulisannya,
- dengan sering membaca juga akan memperbanyak kosa kata, kosa kata ini juga penting dalam penulisan karena dengan menggunakan kosa kata yang umum ini akan memudahkan orang mudah memahami tulisan yang kita buat,
- kemudian bisa belajar juga mengenai gaya penulisan, gaya penulisan ini tiap penulis berbeda-beda, dengan banyak membaca kita bisa mengetahui macam-macam gaya bahasa sehingga ini juga penting ikut menentukan karakter gaya penulisan anda. misalkan anda senang membaca novel, dinovel tersebut anda merasa enak membacanya sehingga ketika anda akan menulis anda akan mengikuti gaya bahasa yang ada novel tersebut.

2. Mulai menulis dan sering menulis
Berikutnya nasehat yang kedua adalah mulailah menulis, memang terkadang menjadi penulis pemula itu ada beberapa hambatan, dalam mulai menulis ada beberapa hal sebagai berikut
- kurang percaya diri menganggap tulisannya buruk sehingga malu akhirnya berhenti berlatih menulis
- Mulailah menulis meski masih membingungkan atau kosa kata yang belepotan, ini wajar sebagai pemula dengan sering menulis lambat laun akan mengalami perubahan menuju menjadi penulis yang baik.
- Jadilah penulis sesuai bidang keahlian, misal anda seorang dokter tulislah tentang tema atau topik kedokteran, ini akan memudahkan anda dalam membuat sebuah tulisan, dan hasilnya juga akan lebih baik tentunya, sehingga pembaca akan mudah memahaminya karena ditulis oleh seorang ahlinya.

3. Kesabaran dan konsisten
Kesabaran dan kekonsistenan seorang penulis juga bisa membuahkan hasil yang lumayan besar, contohnya saja penulis blog, dulu sebelum ada blog mungkin menulis buku, sekarang ada blog anda bisa mengekspresikan tulisan-tulisan anda di blog, dengan tulisan-tulisan yang berkualitas tersebut akan mendatang pengunjung yang luar biasa, dari pengunjung blog inilah bisa dimanfaatkan untuk space periklanan dari blognya, banyak blogger dari Amerika yang berpenghasilan luar biasa, jika anda masih ragu silakan anda gooling dan ketikan blogger sukses atau penghasilan tertinggi dari sebuah blog hasil pencarian akan menunjukan artikel yang berisi informasi tentang penghasilan blogger, salah satunya saya pernah membacanya penghasilan dari blognya mencapai milyaran rupiah, bagaimana sungguh menarik bukan.
Demikian share yang bisa saya bagikan hari ini tentang bagaimana menjadi penulis yang baik bagi seorang pemula yang masih belajar.





Baja Juga


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bagaimana menjadi penulis yang baik bagi pemula

loading...