Just Sharing

Tips Untuk Fresh Graduate dalam Mencari Kerja



Melihat ketika suatu perusahaan membuka lowongan kerja, banyak sekali yang pelamar kerja bertumpuk-tumpuk amplop coklat isinya lamaran pekerjaan, padahal yang diterima hanya beberapa saja, anda bisa menggambarkan seleksinya anda harus unggul diantara pelamar untuk bisa di terima. Apalagi melamar kerja ditempat kerja  perusahaan bonafit misal seperti Bank, BUMN, CPNS.

Belum lagi anda baru lulus dimana masih minim pengalaman akankah bisa bersaing. Tapi semua itu hanya teori semua bisa terjadi jangan menyerah terus berusaha, karena kalau tidak berusaha tidak ada peluang untuk berubah bagi anda.

Berikut berbagi pengetahuan untuk pencari kerja yang masih fresh graduated

1. Tingkatkan ketrampilan diri jangan hanya mengandalkan ijazah, misalnya kuasai Microsotf office terutama m.word dan m.excel, dan keahlian-keahlian lainnya ini akan sangat membantu anda nantinya ketika diterima kerja. Jangan sampai ketika di terima anda kerja anda masih bingung, misal buat surat penawaran anda masih bingung.

2. Perluas Wawasan, misal pekerjaan yang anda inginkan bagian administrasi umum, anda cari informasi tentang pekerjaan bagian administrasi itu apa saja, anda belajar di bagian itu misal membuat surat penawaran, anda harus bisa membuat macam-macam surat.


3. Yang ini hanya beropini saja, meskipun sarjana jangan terlalu idealis berharap tinggi bekerja pada perusahaan besar, ukur kemampuan diri anda karena masih baru lulus yang minim pengalaman, bekerja dimana saja baik, sebagai sarjana fres graduated cari pengalaman terlebih terlebih dahulu, misal tempat kerja anda tidak sesuai harapkan jalani saja, anggap saja anda masih belajar, anda akan mendapatkan pelajaran-pelajaran dan pengalaman dari tempat kerja tersebut. Mungkin ini akan direndahkan oleh teman atau saudara ketika anda ditanya kerjanya dimana, tapi berlapang dada karena itu masih lebih baik dari pada menanggur. Anda bisa menyimpulkan lebih baik mana sudah bekerja tapi ditempat biasa atau menganggur karena orang itu berharap diperusahaan besar. Ingat waktu terus berjalan apakah anda akan terus menunggu pekerjaan di perusahaan besar atau bekerja tapi di tempat kerja yang biasa-biasa saja. Setelah dirasa cukup pengalaman anda, tidak ada salahnya mencoba melamar memilih perusahaan besar yang anda inginkan.

4. Sambil menunggu pekerjaan, gunakan waktu sebaik-baiknya, misal banyak membaca, mental dilatih, latih kemampuan atau keahlian anda, atau buka usaha kecil-kecilan, kalau anda kesulitan modal anda bisa berbisnis internet.

5. Usaha dan Doa, dari point satu sampai ke empat adalah salah satu bentuk Usaha, Hal penting lainnya yang dilakukan adalah berdo’a,  sebuah nasehat yang  sangat sering didengarkan “ Manusia hanya bisa berusaha, berencana, hasilnya berserah diri kepada Allah SWT, oleh karena itu amalan dan ibadah lakukan dengan baik.

Silakan ada yang menambahkan atau mengkoreksi tulisandiatas silakan tinggalkan di form komentar

Demikian Semoga bermanfaat




Baja Juga


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Untuk Fresh Graduate dalam Mencari Kerja

loading...