Just Sharing

Tips Pelajar Menghadapi Ujian Sekolah



Tips untuk Pelajar ketika akan menghadapi Ujian Sekolah, Melihat orang tua calon siswa sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas tiap hari cek jurnal pendaftaran dengan rasa was-was anaknya di terima atau tidak disekolah pilihannya, karena nilai UN nya di tengah-tengah tidak tinggi tidak rendah, gambaran tersebut memperlihatkan betapa perhatian dan perjuangan orang tua untuk masa depan anaknya.
Dari apa yang saya lihat Berikut saya akan berbagi tips untuk orang tua dalam mempersiapkan anaknya agar aman masuk sekolah pilihan, sehingga sebagai orang tua merasa tenang masuk kesekolah manapun karena anaknya lulus dengan nilai UN tinggi.

1. Ikutilah kegiatan lomba sekolah baik itu tingkat kecamatan, kabupaten atau provinsi karena apabila menjuarai peringkat 1 sampai 3 dan mendapat piagam, piagam tersebut menjadi nilai tambah misal tadinya Nilai UN anda 30  ketika ditambah piagam menjadi bertambah 30 lebih

2. Apabila ada biaya ikut pelajaran tambahan atau les, namun dalam les ini pelajar harus aktif belajar bertannya kepada guru lesnya pelajaran-pelajaran mana yang kurang menguasai, sehingga les pelajaran tambahan akan lebih efektif.

3. Perbanyak latihan soal UN dengan tujuan pelajar mengetahui tipe dan pola atau dasar-dasar soal-soal UN diharapkan dalam mengerjakan UN karena sudah mengetahui dasarnya akan lebih mudah mengerjakannya. Memasuki kelas akhir kelas 9 atau 12 mulai latihan soal sehari 1 bidang mata pelajaran

4. Usaha disertai do’a ini lah yang saya lihat dari kepribadian orang yang berhasil meraih nilai UN tinggi.
Dari ke empat poin diatas pada intinya adalah KEMAUAN pelajar itu sendiri, karena dengan adanya kemampuan pelajar itu akan menyadari sendirinya akan bekerja keras dan belajar semaksimal mungkin.
Sebagai orang tua memberikan pengertian dan gambaran sejelasnya tentang sebuah masa depan yang baik. Sebuah motivasi dan sebuah alasan-alasan tertentu sehingga si anak atau pelajar menjadi termotivasi sehingga timbul kemauan yang kuat untuk mewujudkannya.

Bagaimana anda punya tips lainnya silakan tinggalkan dikomentar.





Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Pelajar Menghadapi Ujian Sekolah

loading...