Just Sharing

Bagaimana Mengatasi Kesulitan Keuangan



Terpikir agar membuat blog lebih bermanfaat, artikel apa yang banyak dicari orang, pikiran tertuju pada kesulitan keuangan, setelah itu saya posting di blog ini.

Karena saya bukan ahli keuangan saya coba mencari referensi, bagaimana mengatasi kesulitan keuangan, berikut beberapa informasi yang bisa bloognya agooes sajikan sebagai berikut :

cara mengatasi masalah yang semoga dapat membantu mengatasi masalah anda. Berikut tips-tips mengatasi masalah dikutip dari info tips baru 

Jangan Panik
“Don’t be panic”, mungkin anda sering mendengar kata-kata tersebut ketika anda sedang tertimpa masalah. Yupz, memang benar. Jangan pernah panik ketika anda sedang tertimpa sebuah masalah yang malah membuat anda tidak bisa berpikir jernih tapi bersikaplah tenang dan pikirkan solusi untuk masalah anda tersebut.

Jangan Emosional
Mungkin ini sulit anda lakukan jika anda seorang yang tempramental atau cepat marah. Ketika anda meluapkan emosi anda ketika menghadapi sebuah masalah, ini malah membuat anda tak bisa berpikir tenang. Bahkan, teman anda sendiri tak mau membantu masalah anda karena sifat emosional anda tersebut.

Jangan Tergesa-gesa
Seseorang yang sedang mengahadapi sebuah masalah biasanya akan bertindak tergesa-gesa. Hal ini sangat tidak dianjurkan, karena perbuatan yang terggesa-gesa biasanya tanpa menggunakan pemikiran yang matang dan malah akan membuat masalah baru muncul.

Berpikir Positif
Ketika anda berpikir positif anda dapat dengan mudah menerima sebuah masalah sebagai cobaan atau salah cara agar anda lebih dewasa. Dengan berpikir positif juga dapat membuat anda berpikir solutif untuk mencari solusi.

Berpikir Kreatif
Putarlah otak anda sebaik mungkin denga mencari jalan keluar dari masalah tersebut. Keluarkan ide-ide yang selama ini ada dibenak anda yang mungkin dapat membantu keluar dari masalah tersebut. Untuk lebih mudah berpikir kreatif anda harus lebih banyak mencari informasi, lalu olah informasi tersebut sebagai cara keluar dari masalah anda.

Diskusikan
Jika anda sudah tidak dapat menghadapi dan mengatasi masalah anda, yang harus anda lakukan selanjutnya adalah berdiskusi atau berbagi cerita tentang masalah anda. Pilih orang yang menurut anda dapat mengerti permasalah dan dapat memberikan solusi. Jikapun masalah anda terlalu pribadi, anda dapat mendiskusikannya di dunia maya seperti di forum-forum, milis, maupun chatting.

Dekatkan Diri Dengan Tuhan
Jika anda selama ini kurang dekat dengan Tuhan, cobalah untuk mendekatkan diri anda dengan diri-Nya. Yang paling penting adalah jangan hanya mendekatkan diri anda dengan Tuhan ketika sedang tertimpa masalah, tapi cobalah untuk setiap saat. Hal ini juga dapat membantu berpikir tenang dan berpikir positif setiap anda tertimpa masalah.

Jangan Putus Asa
Inilah yang paling penting dari semua poin penting diatas. Jika anda mudah putus asa, yakinlah masalah anda tak akan pernah terselesaikan bahkan menjadi semakin runyam. Ingatlah sebuah pribahasa “Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang kemudian. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian.”. Tancapkan dalam hati anda bahwa jika anda dapat melewati masalah ini maka anda akan mendapatkan kebahagian melebihi kepedihan masalah anda  tersebut.

Demikian cara mengatasi masalah yang dapat anda terapkan ketika sedang menghadapi sebuah masalah. Satu lagi, “jangan terjatuh kedalam lubang yang sama” yaitu jika anda sudah berhasil melewati masalah tersebut, jangan sampai masuk kedalam masalah itu lagi. Jadikan masalah tersebut sebagai sebuah pengalam yang dapat mendewasakan anda. Ingat, jangan pernah putus asa!


Seringnya hidup dipermasalahkan dengan kondisi financial, berikut ada artikel tentang Hidup dengan pendapatan tetap yang minim dikutip dari citibank  berikut ulasannya

Hidup dengan hanya mengandalkan pendapatan tetap yang minim terkadang bisa menjadi suatu hal yang sulit. Misalnya hidup dengan mengandalkan gaji pensiun. Namun para pensiunan, maupun para pegawai yang memiliki pendapatan tetap yang minim, bisa terhindar dari kesulitan keuangan apabila mengelola keuangannya dengan baik dan bijaksana.

Hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mengelola keuangan dengan bijak adalah:
- Buat daftar pengeluaran Anda dalam sebulan. Di akhir bulan, pelajari dengan seksama daftar yang Anda buat dan bertanyalah pada diri sendiri, “Mengapa saya membeli barang yang tidak saya butuhkan? Pengeluaran mana yang bisa saya pangkas? Apakah pendapatan saya lebih dari cukup untuk menutup pengeluaran saya?”
- Jawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan jujur. Begitu Anda tahu pola pengeluaran Anda, pastikan pendapatan Anda dapat menutup pengeluaran. Lalu, pangkas pengeluaran-pengeluaran tersebut sehingga Anda bisa menabung. Anda tidak pernah tahu kapan Anda memerlukan biaya untuk keadaan darurat.
- Pikirkan masa depan Anda. Anda paham bahwa akan ada pengeluaran yang tidak terduga di kemudian hari, jadi mulailah menabung. Mulailah dengan jumlah kecil, misalnya Rp5.000 sehari. Atau tabung uang receh yang Anda punya setiap hari. Lalu perlahan-lahan tingkatkan jumlah yang harus Anda sisihkan.

Pengaruh inflasi 

Jika Anda hanya bergantung pada pendapatan tetap yang minim, Anda harus tahu bagaimana inflasi dapat mempengaruhi pendapatan Anda. Inflasi mengurangi nilai setiap rupiah. Satu-satunya jalan untuk mengatasi inflasi adalah dengan memiliki tabungan yang pertumbuhannya lebih tinggi daripada inflasi. Untuk itu, Anda harus menanamkan uang Anda dalam investasi yang stabil atau berorientasi tumbuh, misalnya dana pensiun. Cari masukan dari perencana keuangan yang baik sebelum menginvestasikan uang hasil kerja keras Anda. Misalnya: Citibank menawarkan pemeriksaan keuangan gratis yang berguna untuk mencari jalan mengatasi inflasi.

Kebanyakan pegawai memiliki dana pensiun. Namun biasanya dana pensiun pegawai negeri tidaklah besar, sehingga Anda patut mempertimbangkan memiliki polis asuransi untuk keperluan ini.

Meningkatkan pendapatan Anda 

Selalu ada jalan untuk meningkatkan pendapatan Anda. Misalnya Anda bisa bekerja paruh waktu, membuat kue dan menjualnya di kantor, mengadakan bazar murah, menjual barang koleksi (barang antik, perangko, karya seni, dan lain-lain). Pikirkanlah cara-cara untuk mendapatkan uang tambahan.

TIPS

Cara menghemat uang

- Buatlah daftar belanja dan mematuhinya.
- Bandingkan harga di tiga toko sebelum membeli barang yang mahal.
- Selesaikan suatu pekerjaan yang dapat Anda kerjakan sendiri (misalnya menyetrika baju atau memotong rumput sendiri)
- Selalu periksa tagihan-tagihan Anda untuk menghindari kesalahan.
- Perlakukan semua yang Anda miliki sebagai harta berharga. Peliharalah dengan baik.

LATIHAN

Seberapa siapkah Anda?

Keadaan darurat selalu datang di saat yang tak terduga. Kuncinya adalah untuk selalu bersiap menghadapinya. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini, dan lihat seberapa siapkah Anda menghadapi keadaan darurat.

1. Di bank mana Anda dan anggota keluarga lainnya memiliki rekening? Isi daftar di bawah ini.

Rekening Anggota keluarga
------------------- ------------------------
------------------- ------------------------
------------------- ------------------------
------------------- ------------------------
------------------- ------------------------

2. Di perusahaan mana Anda dan anggota keluarga yang lain memiliki polis asuransi? Dapatkah Anda menyebutkannya satu per satu? Isilah daftar di bawah ini.

Polis Anggota keluarga
------------------- ------------------------
------------------- ------------------------
------------------- ------------------------
------------------- ------------------------
------------------- ------------------------

3. Apakah tempat Anda bekerja membayar biaya perawatan rumah sakit dan biaya untuk cacat fisik yang mungkin Anda alami? Jika ya, berapa yang Anda dapat setiap tahun?


4. Apakah anggota keluarga Anda juga mendapatkan biaya untuk cacat fisik? Bagaimana dengan biaya kematian? Buatlah daftarnya.


5. Di mana Anda menyimpan semua dokumen keuangan dan dokumen penting lainnya seperti akta kelahiran, surat nikah dan sertifikat tanah?


6. Apakah Anda memiliki salinan dokumen tersebut? Di mana Anda simpan salinan tersebut?

7. Siapa pengacara keluarga Anda? Bagaimana dengan akuntan keluarga? (jika ada)

8. Apakah orangtua/pasangan/saudara kandung memiliki surat wasiat? Di mana surat itu disimpan? Tahukah Anda apa isinya?

9. Apakah ada orang yang berutang kepada orangtua/pasangan/saudara kandung Anda? Jika ya, siapa saja mereka, berapa yang mereka pinjam dan bagaimana Anda menghubungi mereka?


10. Berapa banyak uang tunai yang dapat Anda kumpulkan dalam tiga hari, apabila menghadapi kesulitan? Perhitungkan rekening bank Anda, aset yang bisa dengan mudah diubah menjadi uang tunai, dan pinjaman yang bisa didapatkan dengan cepat.


Jika Anda dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan yakin dan tanpa kesulitan, berarti Anda cukup siap menghadapi situasi yang sulit. Jika tidak, Anda mungkin harus mempelajari kembali data Anda. Bertanyalah kepada orangtua/pasangan/saudara, atau diskusikan dengan tempat kerja Anda untuk mendapatkan informasi-informasi penting ini dengan mudah.




Baja Juga


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bagaimana Mengatasi Kesulitan Keuangan

loading...