Just Sharing

RAHASIA AGAR BISNIS INTERNET ANDA SUKSES



Berikut ini adalah artikel pilihan saya tulisan dari Pak joko susilo bagi blogger pemula seperti saya ini sebuah arahan pelajaran untuk membuat bisnis internet berjalan lebih baik lagi, beberapa bisa petik pelajaran-pelajaran yang saya ambil bersumber dari sebuah ebook  Jika Memang Bisnis Internet Itu Mudah, Mengapa Masih Banyak yang Gagal? Berikut ulasannya

Terdapat dua rahasia yang wajib anda tahu agar bisnis internet anda menuju puncak kesuksesan. Temukan jawabannya di ebook ini.
Oleh: Joko Susilo,  ST.
Apakah anda sudah cukup banyak membaca ebook  tentang internet marketing? Anda bosan dengan isinya  atau justru semakin tertarik?

Artikel-artikel dalam ebook  memang terkesan sama. Monoton dan  jarang ada isi yang baru. Umumnya para ‘ahli internet marketing’ selalu  menekankan pada newbie untuk mendapatkan pasar, menciptakan produk, mengarahkan traffic, membuat sales letter, dan  membangun relasi online. Hampir semua ahli berkata demikian. Kalau anda tidak percaya silakan buktikan sendiri. Beli beberapa ebook lain dan  temukan benang merah masing-masing ebook  itu.

Tapi intinya, langkah-langkah mengawali bisnis internet di atas sudah jadi rumus baku  bagi para newbie. Dan, jika anda sudah bisa mempraktekkannya satu per satu, anda bisa merasakan mudahnya jadi jutawan... Ya! Sekali anda menemukan pasar yang tepat, segera tawarkan produk anda. Pancing traffic dan  bujuk pengunjung! Sekali pengunjung suka dengan produk anda, produk anda bisa
terus laris.
Tapi, apakah benar semudah itu? Kalau memang mudah kenapa tidak semua pebisnis internet jadi jutawan?
Oke, saya akan  coba memecahkan masalah ini dengan contoh sederhana. Memang benar tidak semua pebisnis internet mengecap sukses yang spektakuler. Kita ambil saja dua orang pebisnis, si A dan  si B. Keduanya punya pengetahuan internet marketing yang sama persis. Tapi kesuksesan yang mereka peroleh sangat berbeda.

Kira-kira kenapa ya?

Mari kita lihat bisnis sebagai sesuatu hal yang manusiawi. Karena bisnis bukan cuma masalah mekanik. Tidak cuma memasang trik X dan  tips Y. Tidak  juga cuma menjalankan formula A dan  strategi B.

Pebisnis A dan  B memperoleh hasil yang berbeda tidak dipengaruhi tingkat pengetahuan yang mereka miliki.  Tapi, keberhasilan mereka tergantung pada mindset (pola  pikir) masing-masing. Orang yang gagal biasanya tidak punya cara pandang yang fleksibel atau sebutan lainnya adalah kaku.  Jika anda termasuk orang seperti ini, anda tidak punya mindset menuju kesuksesan.

Sebaliknya, orang-orang sukses adalah mereka yang luwes.  Bisa menempatkan apa saja yang terbaik untuk kemajuan bisnis dan  kepribadiannya. Dan saya yakin anda termasuk dalam golongan sukses ini. Buktinya anda sedang membaca tulisan saya ini. Berarti anda masuk dalam jajaran orang bersifat terbuka dan  tak segan  berubah.
Ingat apa kata Rhenald Kasali?  Orang yang terus maju adalah mereka yang mau berubah. Change!!!

Dalam ebook  ini saya akan  membahas mindset yang berkaitan dengan dua hal. Kepercayaan pada diri sendiri dan  rasa tanggung jawab. Pentingnya dua hal ini akan  saya terangkan pada anda. Jangan kemana-mana, teruslah membaca...
PERCAYA PADA DIRI SENDIRI

Pernahkah anda berpikiran,

”Mana mungkin saya melakukan itu. Bagaimana bisa saya seperti dia.” “Ah tidak mungkin saya bisa sesukses dia, saya tidak punya modal yang cukup.”
“Sulit kalau saya harus meniru langkah suksesnya, karena saya tidak bisa ini
tidak bisa itu.”

Sebagai manusia kita sering berpikir serba terbatas. Ya seperti contoh di atas ini. Kita selalu  berpikir TIDAK MUNGKIN dan  TIDAK BISA. Mental kita tidak terbiasa liar memimpikan hal yang sebenarnya mungkin dan  bisa terjadi. Anda tidak percaya kalau  sukses bisa mendatangi hidup anda. Anda paham maksud saya, bukan?

Mental serba tidak bisa dan tidak mungkin ini mau  tidak mau  pasti mempengaruhi bisnis anda. Anda tidak sukses karena anda tidak percaya dengan diri anda sendiri. Akibatnya anda tidak percaya kalau  sesungguhnya anda bisa menghasilkan uang  Rp 10 juta, Rp 50 juta, Rp 100 juta atau bahkan Rp 200 juta per bulan.

Menurut saya, apa yang kita percaya bisa terjadi, pasti akan  terjadi. Jadi jika
anda percaya bisa berpenghasilan Rp 200 juta sebulan, ya... anda sangat bisa dan sangat mungkin mendapatkan uang  Rp 200 juta dalam sebulan.

Jika sekarang ini anda tidak percaya kalau  bisnis internet bisa mengantarkan anda pada gerbang kesuksesan, maka anda tidak akan  mengalami nikmatnya sukses di sini. Atau bisa-bisa di kemudian hari anda justru menyesal karena di pekerjaan offline anda tidak pernah mendapat gaji memuaskan. Artinya juga, anda tidak berani berubah dan  tidak mau  berbuat lebih.  Anda takut memutuskan dan  takut yakin kalau  anda akan  berhasil.

Inilah pentingnya percaya diri. Anda tidak boleh  menyerah pada keterbatasan pikiran anda. Mari bersikap terbuka dan  membebaskan pikiran. Anda punya banyak pilihan untuk meraih kesuksesan. Anda punya banyak jalan  yang mengantarkan kita pada keberhasilan. Anda cuma perlu mengatakan ”saya bisa!” itu saja yang perlu anda tanamkan sejak awal.

Bertanyalah pada diri anda sendiri, ”Apa yang membuat saya tidak mungkin sukses? Apa memang benar-benar ada atau hanya karena pikiran anda yang mengada-ada?”

Jika anda tidak melakukan apa yang ingin  anda lakukan pada bisnis anda, berarti anda telah menetapkan keterbatasan dalam pikiran anda.

Jujur banyak orang yang tidak percaya dengan diri mereka sendiri. Pikiran mereka tidak terbuka. Pikiran mereka tidak berani bermimpi meraup Rp 20 juta sebulan. Padahal mereka sebenarnya mampu dan  bisa mewujudkan Rp 20 juta di depan mata mereka!
Jika penghasilan anda sekarang Rp 1 juta per bulan, anda boleh  berpendapat kalau ide memimpikan penghasilan Rp 20 juta perbulan itu berlebihan. Tapi, setelah anda berhasil meningkatkan penghasilan anda dari Rp 1 juta ke Rp 2 juta, anda akan  semakin yakin uang  Rp 20 juta pasti bisa anda genggam.

Mengalihkan dari Rp 1 juta ke Rp 2 juta adalah prestasi pertama anda yang mendongkrak gairah anda menuju Rp 20 juta. Selanjutnya anda pasti percaya diri bahwa kesuksesan anda ini akan  terus berlipat.

Nah, sekarang kalau  anda sudah percaya bisa meraup Rp 20 juta, apa yang pertama kali harus anda lakukan?

Siapkan pikiran anda untuk langkah besar dan awali dengan sebuah langkah kecil!

Ya, lakukan hal kecil lebih  dahulu.

Mentang-mentang anda sudah percaya diri, jangan langsung lakukan hal besar yang belum siap anda lakukan. Wajar memang jika anda segera merencanakan membuat situs web besar dengan produk paling laris. Karena angka 20 juta ada dalam kepala anda.

Tapi, anda mesti mengubah pemikiran sukses yang instan seperti ini. Tipe sukses mendadak ini tidak akan  pernah berhasil.

Jika pikiran dan  pengetahuan anda belum siap untuk memiliki situs web besar dan laris, anda perlu melangkah pelan. Bangun langkah-langkah kecil yang menghubungkan apa yang anda tahu, apa yang dapat anda lakukan, dan  apa yang ingin  anda lakukan.

Untuk membuat anda makin jelas, mari kita kembali ke Rp 1 juta menuju Rp 20 juta tadi. Cobalah analisa apa yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan income anda. Jika bulan ini anda berpikir bisa mengubah penghasilan awal menjadi Rp 2 juta (dan Rp 5 juta masih terlihat sangat sulit), maka tujuan pertama anda bulan ini adalah mencapai penghasilan Rp 2 juta terlebih dahulu.

Saya yakin itu akan  lebih  mudah dicapai. Bulan  berikutnya, anda lihat Rp 2 juta ternyata memang tidak begitu sulit dicapai. Selanjutnya, anda harus berencana untuk meningkatkan penghasilan dari Rp 2 juta ke Rp 4 juta. Ketika Rp 4 juta sudah bisa anda rengkuh, anda akan  terus mengambil langkah-langkah menuju Rp 10 juta dan  seterusnya, hingga akhirnya tercapailah penghasilan Rp 20 juta per bulan. Dengan demikian anda punya jembatan untuk menyeberang dari 1 juta ke Rp 20 juta. Jadi, anda tidak seketika langsung loncat ke Rp 20 juta.

Rata-rata pebisnis internet yang berhasil juga menerapkan langkah ini. Menurut sepengetahuan saya, mereka harus menyiapkan pikiran dan  mental dulu  sebelum meraih jumlah penghasilan yang fantastis. Karena jika pikiran kita belum siap menghadapi kenyataan bahwa uang  sebanyak itu bisa kita dapat, maka kita tidak akan  bisa melihatnya sepeser pun.
Hal itupun yang dulu  dan  sampai kini saya lakukan. Beberapa tahun yang lalu saya memiliki penghasilan Rp 10 juta per bulan dari internet, dan  ini sangatlah fantastis. Saya berpikir, saya yakin bisa meningkatkan hasil  itu menjadi Rp 20 juta. Syukurlah bulan berikutnya tercapai. Selanjutnya, saya yakin bisa meraih income Rp 30, 40, 50 juta bulan-bulan berikutnya. Dan akhirnya tercapai juga.

Untungnya keyakinan tidak berhenti di situ. Setelah saya tahu bisa mendapat hasil Rp 50 juta dalam sebulan, saya lebih  yakin lagi bahwa saya bisa hasilkan Rp
75 juta, lalu Rp 100 juta, dan  syukurlah kini saya bisa menikmati bisnis dengan profit Rp 250 juta per bulan.

Pada  awal bisnis saya tidak pernah membayangkan akan  memiliki penghasilan sebesar itu. Income Rp 20 juta per bulan saja sudah luar biasa  bagi sebagian besar orang. Apalagi  Rp 250 juta... saya jadi tidak berani membayangkan berapa yang mungkin bisa saya capai  beberapa bulan lagi jika saya terus memupuk keyakinan seperti ini.

Kembali pada anda... prinsipnya, tentukan jumlah uang  yang bisa anda dapat dalam sehari dan  lakukan segera. Kemudian bidik jumlah yang makin besar untuk esok hari. Dan lakukan juga yang segera bisa anda lakukan keesokan harinya. Terus tingkatkan jumlah uang  yang anda bidik.  Maka tak terasa anda sudah berada di titik yang anda inginkan. Dan yang paling penting, anda selalu percaya apapun yang anda lakukan akan  berhasil.

Orang sukses tahu bahwa melatih pikiran mereka untuk bisa sukses sama pentingnya seperti mempelajari metode marketing. Sebenarnya, mengetahui segala  sesuatu tentang marketing tidak akan  ada artinya jika pikiran anda tidak siap.

Dalam bisnis offline pun  sama kondisinya. Jika anda tahu bagaimana meningkatkan Rp 1 juta ke Rp 10 juta maka anda tahu bagaimana meningkatkan uang  lebih  dan  lebih  banyak lagi. Mungkin saja anda bisa langsung meraih dari Rp 1 juta ke Rp 1 milyar. Tapi selama pikiran anda tidak siap dan  masih terbersit rasa tidak percaya, anda justru akan  mengalami banyak hambatan.

Kesimpulannya, anda harus sudah tahu bagaimana menghasilkan uang. Dan bebaskan pikiran anda sekarang agar anda yakin bahwa anda bisa melakukan yang anda inginkan.

Katakan ”SAYA BISA!!!”



Sekarang, kita bahas hal kedua yang berhubungan dengan mindset.

RASA TANGGUNG JAWAB

Apa pentingnya tanggung jawab? Dan tanggung jawab  seperti apa yang mesti anda miliki?

Sebagai orang yang mengidamkan kesuksesan, anda harus bertanggungjawab atas kegagalan yang anda alami. Jangan tumpukan kesalahan pada orang lain
jika anda mengalami kegagalan. Jangan jadikan orang lain sebagai tameng anda. Koreksi diri akan  membuat anda jadi lebih  dewasa dari pada menyalahkan orang lain atau keadaan. Ini penting untuk membentuk mental anda. Jadi anda tidak hanya bangga dengan pujian atas kesuksesan anda. Tapi anda juga tidak menolak alasan sesungguhnya kenapa anda gagal. Dan segera memperbaiki kesalahan
yang anda perbuat. Jadikan kegagalan ini pelajaran yang berharga agar tidak terulang di kemudian hari.

Itulah kenapa tanggung jawab  penting jadi mindset anda. Jika anda belum mulai bertanggungjawab atas apapun yang terjadi pada diri anda, anda akan mengalami banyak gejolak  pada diri sendiri pada saat mulai. Tapi inilah perubahan yang harus anda lalui untuk menuju kesuksesan. Atasi resistensi dan maju terus.

Kesimpulannya, jika anda tidak mau bertanggungjawab atas kegagalan, maka anda tidak akan pernah bisa mengubah kegagalan anda menjadi kesuksesan. Sama  artinya anda tidak mempunyai kontrol diri yang bagus. Anda akan  selalu  merasa anda tidak pernah melakukan kesalahan sehingga tidak ada yang perlu diperbaiki dengan diri anda. Kegagalan akan  terus terjadi dan  anda akan  terus menyalahkan orang lain atas kegagalan anda itu.

Memang sulit untuk mengkritik diri sendiri. Susah mengatakan “ini kesalahan saya, saya tidak mengerjakan dengan baik”, tapi anda HARUS dapat melakukannya.

Sudah tahu sekarang mengapa penting bertanggungjawab atas apapun yang terjadi pada diri anda? Dengan bertanggungjawab anda akan  punya kekuatan dan  kontrol untuk memperbaiki diri sehingga anda akan  meraih kesuksesan.

Sekarang kira-kira apa ya bentuk pengingkaran tanggung jawab  yang biasa terjadi di bisnis online? Mari kita kupas satu per satu...

Saat launching produk tidak berlangsung seperti yang diharapkan, kita biasa menyalahkan orang lain. Contohnya, mitra kerjasama.

Setiap kali launching produk tidak berjalan baik dan  anda tidak puas  dengan hasilnya, anda pasti akan  mencari kesalahan orang lain agar anda tidak ikut bertanggung jawab  dalam kasus ini. Biasanya yang paling gampang kita mintai tanggung jawab  adalah mitra kerjasama.

Padahal anda sendiri sebenarnya punya peran dalam launching produk itu. Jadi gagal atau berhasilya launching juga tergantung bagaimana anda memainkan peran anda itu. Sayangnya, anda tidak berusaha melihat kembali apa yang sudah anda lakukan. Anda langsung saja menimpakan kesalahan pada orang lain dan meminta orang lain bertanggung jawab  sepenuhnya.

Nah agar hal seperti ini tidak terjadi, anda sebaiknya menyiapkan diri dari sekarang. Suatu saat jika launching produk anda tidak memuaskan anda, jangan salahkan orang lain dulu.  Tanyakan pada diri anda....

1.   Apakah anda mempunyai partner promosi yang cukup?
2.   Apakah anda sudah menguji naskah iklan? Apakah banyak orang yang tertarik dengan iklan  anda ini ?
3.   Apakah anda terus berhubungan dengan partner anda sehingga mereka
tahu apa yang anda harapkan dari mereka ?
4.   Apakah anda memberi mereka materi promosi yang memadai sehingga mereka dapat menggunakannya sebagai acuan untuk promo mereka sendiri?
5.   Apakah anda memberi mereka cukup waktu untuk mereview materi
promo sebelum launching?

Ingat, sebagai pemilik produk, anda adalah pihak yang paling bertanggung jawab jika launching tidak berjalan sesuai harapan. Sekalipun mitra kerja anda tidak mengerjakan bagian mereka dengan baik, anda masih harus bertanggung jawab. Karena itu menandakan anda tidak mengontrol kelangsungan produk anda.

Sales letter dan iklan yang tidak menarik

Kalau anda menggunakan jasa copywriter untuk membuat sales letter produk anda, sebaiknya pertimbangkan dulu  apakah iklan  yang mereka buat memang benar-benar bagus?

Ini penting. Karena biasanya jika penjualan produk kita buruk, kita akan  segera mencari kambing hitam. Ya, biasanya kita langsung menyalahkan copy writer karena mereka membuat sales letter yang tidak menarik atau bahkan buruk.

Sebenarnya buruknya angka penjualan adalah tanggung jawab  anda sendiri. Jika anda tidak puas  dengan layanan copywriter, kenapa dulu  anda memutuskan untuk menggunakan jasa mereka? Bukankah anda sudah melihat hasil  kerja mereka sebelum anda memasang sales letter itu pada situs web anda?

Sebagai pebisnis anda harus sudah bisa meramalkan apa sales letter dan  iklan yang anda pasang memiliki daya bujuk yang luar biasa  terhadap pengunjung? Sekali lagi anda memegang kontrol penuh atas produk anda sendiri.

Jangan salahkan copywriter. Setidaknya buatlah catatan jika anda tidak akan pernah berbisnis dengan copywiter itu lagi. Atau mintalah mereka untuk menulis ulang. Kalau memungkinkan, anda bisa meminta pengembalian biaya.  Tetapi jangan salahkan mereka jika penjualan anda kurang baik.

Anda mendapatkan respon kurang baik. Dan anda menganggap ini disebabkan pengunjung tidak siap dengan gagasan revolusioner anda

Saya juga suka memakai alasan ini jika penjualan saya tidak bagus. Saya sering berpikir, ”ah pasti orang-orang tidak siap dengan gagasan revolusioner saya.” Saya selalu  menyalahkan pelanggan dan  membanggakan diri saya yang sudah selangkah lebih  maju dari mereka.

Tapi mental semacam ini tidak pantas dimiliki seorang pebisnis. Kita tidak bisa menyalahkan pengunjung karena mereka tidak membeli produk kita. Seharusnya kita menyalahkan diri sendiri. ”Apa yang tidak menarik ya dari produk saya ini?”
”Kenapa tidak banyak yang beli?”

Jika anda merasa berada di titik yang selangkah lebih  maju dari para pengunjung sehingga tidak ada pasar yang mau  beli produk anda, berarti anda telah melakukan kesalahan.

Anda tidak melakukan penelitian pasar (research target market) yang lebih  baik. Perkiraan anda meleset jauh  dari kondisi pasar yang ada.  Padahal, menghasilkan uang  yang paling mudah adalah dengan mengetahui keinginan orang, tawarkan apa yang mereka idamkan dan  berikan yang mereka mau.

Secanggih apapun cara anda meyakinkan pengunjung untuk membeli produk, jika mereka tidak butuh produk anda ya mereka tidak akan  berpikir untuk membeli. Sangat mungkin banyak orang yang tidak suka dengan produk anda. Jadi anda harus meyakinkan pengunjung dulu  mengapa mereka menginginkan produk anda. Anda mesti berusaha keras meyakinkan pengunjung dulu.

Jika anda berbisnis dengan tujuan menghasilkan uang, maka anda perlu menjual apa yang dibeli  oleh orang-orang. Saya ulangi sekali  lagi,

Jika anda ingin menghasilkan uang, anda perlu menjual apa yang ingin dibeli orang-orang.

Jadi anda perlu mengetahui apa yang orang lain inginkan. Anda tidak bisa memutuskan sendiri apa yang diperlukan orang lain. Jangan coba memaksakan pada pengunjung jika mereka belum siap.

Jika anda tidak berhasil menjual, jangan salahkan pengunjung karena tidak mengetahui kejeniusan anda. Salahkan diri anda sendiri karena tidak dapat memberikan apa yang pengunjung inginkan.

Menjadikan kekurangan sebagai alasan

Anda menganggap ketidakberhasilan anda disebabkan anda hanyalah orang kecil yang tidak bisa berbuat banyak.

Anda merasa sudah bekerja sangat keras tapi masih belum mencapai sukses. Sementara orang lain bisa sukses karena mereka punya ribuan kontak email  dan punya mitra kerja yang solid.

Bagi saya semua itu omong kosong!

Anda tidak boleh  menyalahkan orang lain yang sukses jika anda sendiri tidak berhasil dalam bisnis anda. Menurut saya semua pebisnis yang berhasil pasti dulunya adalah orang kecil seperti kita. Tidak tahu banyak hal dan  belum berpengalaman. Tidak  punya kontak email, tidak punya produk, dan  bahkan mungkin juga tidak punya uang.

Tapi, apapun yang mereka miliki sekarang adalah hasil kerja keras. Mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan. Dan anda juga harus mendapatkan apa yang anda inginkan.
Jadi, jika ingin  menjadi the best dalam bisnis anda, jadilah orang yang bertanggung jawab.

Anda tidak mempunyai banyak kontak email  karena anda belum memfokuskan diri anda untuk membangun relasi online. Anda tidak mempunyai banyak mitra kerja hanya karena anda belum fokus untuk menjalin kerja sama. Anda belum menghasilkan uang  karena anda belum fokus mencari uang. Percayalah! Semua tanggung jawab  ada di pundak anda.

Betapapun pahitnya pengalaman yang anda rasakan, hal terbaik yang sebaiknya anda lakukan adalah bertanggung jawab.  Ya, bertanggung jawab atas kegagalan, kekecewaan, dan keterbatasan diri anda sendiri.

Anda belum sukses dengan bisnis anda? Tapi anda ingin  jadi orang sukses? Anda sendiri yang mesti memikul beban menuju sukses ini. Bukan orang lain! Temukan mengapa anda belum sukses. Dan ambil tindakan untuk mewujudkannya. Jangan hanya bisa menyalahkan orang lain. Karena anda sendiri yang memegang kuasa atas bisnis anda...







Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : RAHASIA AGAR BISNIS INTERNET ANDA SUKSES

loading...