Just Sharing

Manfaat Dan Bahaya Jus buah



Ide Postingan ini muncul dari Acara TV yang menjelaskan tentang bahaya jus, karena menurut saya dipandang perlu untuk di share, berikut saya share di postingan kali ini
Berikut Kutipan dari Tempo tentang Bahaya jus :


Mengkonsumsi dua gelas jus buah setiap hari ternyata tidak memberikan manfaat kesehatan. Justru sebaliknya, hal tersebut akan membuat Anda selalu mendambakan makanan manis berkalori tinggi.

Para ahli berujar bahwa jus buah terlalu banyak mengandung gula dan seharusnya tidak dimasukkan daftar salah satu dari lima makanan sehat wajib makan setiap hari.

Bahaya dari jus buah adalah gulanya. Hans-Peter Kubis dari University of School of Sport, Health, & Exercise Sciences mengatakan bahwa gula seharusnya dikenakan pajak demi menghentikan bencana kesehatan di masa mendatang dan agar jus buah dikeluarkan dari pesan kesehatan ‘lima makanan per hari’. "Hal ini berdampak serius terhadap kesehatan publik,” kata Kubis.

“Kita menghadapi bencana kesehatan multilevel dengan meningkatnya kadar obesitas dan peningkatan insiden diabetes tipe 2,” ujar dr Kubis lagi. “Dari penelitian kami, sangat jelas bagaimana kebiasaan minum jus buah membuat orang semakin kecanduan minuman manis."

Karena itu, para ahli kesehatan mengingatkan para orang tua bahwa seharusnya memberikan anak-anak mereka air putih ketimbang sesuatu yang disebut sebagai ‘jus buah yang sehat’. Menurut hasil penelitian, jus buah alami, minuman bersoda, dan sirup dikatakan mengandung gula sangat tinggi dan terlalu manis. “Jus buah mengandung gula yang lebih tinggi dibandingkan yang diduga orang,” kata dia.

Saran dari ahli kesehatan, Libby Babet, adalah menambahkan seiris lemon ada air putih agar ada rasanya. "Air putih atau teh herbal kemungkinan tidak ada rasa manisnya, tetapi akan menjaga Anda tetap sehat."

Terdapat Bahaya, Jus ini juga mempunyai manfaat seperti yang dikutip dalam kucoba.com sebagai berikut :



1. Khasiat jus delima

Manfaat : membantu jantung, dimana jus delima ini kaya anti oksidan yang membantu mencegah penyumbatan pada pembuluh darah arteri oleh kolesterol. Jus delima ini juga dihubungkan dengan pencegahan terjadinya kanker prostat.

Jus ini dilengkapi dengan vitamin A, C dan E serta asam folat yang penting padatahap awal kehamilan.


2. Khasiat jus jeruk

Manfaat : untuk sistem kekebalan, proteksi terhadap anemia. Sumber yang palingbaik dari vitamin C dan juga sumber asam folat, sehingga wanita hamil sebaiknya meminumnya dalam jumlah yang cukup banyak.

Minum jus jeruk dengan makanan meningkatkan ambilan besi untuk proteksi terhadap anemia. Penelitian baru menyarankan minum segelas jus jeruk/hari, ternyata juga membantu mencegah terjadinya radang sendi (arthritis).


3. Khasiar jus grapefruit (buah anggur)

Manfaat : untuk sistem kekebalan. Kaya akan vitamin C, buah grapefruit merupakan sejenis jeruk dan oleh karena itu kaya akan beta-karoten. Ini membantu melindungi kulit dari kerusakan oleh radikal bebas.

Tetapi penggunaannya dihindari pada saat kita sedang dalam medikasi. Jus grape fruit mengandung suatu substansi yang dapat memperlambat pemecahan beberapa obat. Hal ini menyebabkan peningkatan jumlah obat dalam aliran darah, sehingga meningkatkan efeknya.


4. Khasiat jus apel

Manfaat : untuk energi; proteksi jantung. Kaya akan flavonoid yang membantu melindungi jantung. Memiliki 1/3 kadar vitamin C jus jeruk. Mengandung banyak gula fruktosa.

Tetapi penggunaannya dihindari pada anak-anak, karena dapat menyebabkan keluhan gangguan lambung.


5. Khasiat jus nanas

Manfaat : untuk pencernaan. Buah ini mengandung enzim bromelain, yang membantu mencerna protein dan buah ini juga mengandung gula alamiah untuk meningkatkan energi. Mengandung 11 mg vitamin C/100 ml.


6. Khasiat jus tomat

Manfaat : Untuk menguruskan badan; kesehatan pria. Jus untuk menguruskan ini hanya mengandung 50 kalori/250 ml. Jus tersebut juga mengandung bioflavonoid yang membantu memperkuat pembuluh darah kapiler, jadi tidak menimbulkan kebocoran pada pembuluh darah dan pembentukan kantong yang mengandung air pada kulit yang menyebabkan selulit. Dan kandungan likopen dalam tomat telah dikaitkan dengan penurunan resiko terjadinya kanker prostat.

Tetapi penggunaannya sebaiknya dihindari pada individu dengan tekanan darah tinggi, karena jus tomat mengandung kadar garam yang tinggi.

7. Khasiat jus cranberry

Manfaat : Mencegah terjadinya sistitis (radang buli-buli). Proanthocyanidin dalam jus cranberry menghentikan perlekatan bakteri yang berbahaya pada dinding buli-buli, dengan demikian menurunkan risiko terjadinya infeksi saluran kemih.

Jus ini mengandung vitamin C dalam kadar yang sangat tinggi, dan jus ini dijual dengan penambahan gula, karena rasanya pahit tanpa penambahan gula tersebut.

Penggunaannya dihindari pada pasien-pasien yang menggunakan obat anti pembekuan darah yaitu warfarin. Hal ini dikemukakan oleh The Committee on Safety ofMedicines, karena dapat meningkatkan risiko terjadinya perdarahan.



Demikianlah 7 Manfaat Jus Buah Yang Berkhasiat Tinggi bagi kesehatan. Ingat jangan menimum jus buah lebih dari 1 gelas sehari! karena penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the American Dietetic Association ini menemukan bahwa mereka yang meminum jus buah lebih dari tiga gelas sehari lebih cenderung mengembangkan kanker dubur, salah satu bentuk kanker usus.


Para peneliti percaya bahwa kandungan gula yang tinggi dalam jus dapat memicu berkembangnya sel kanker. Mereka juga mengatakan bahwa banyak zat yang hilang ketika jus diproses seperti serat, vitamin C, dan anti oksidan. Padahal, zat-zat tersebut dapat mencegah munculnya kanker.

Sumber Foto : rumputeki.blogspot.com





Baja Juga


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Dan Bahaya Jus buah

loading...