Just Sharing

Yang Diperhatikan Dalam Menulis Artikel di Blog




Blogger dituntut untuk menyajikan informasi kepada pengunjung yang berkualitas sehingga pengunjung merasa nyaman dan bisa memahami isi artikelnya, sehingga didapat pengetahuan yang sedang dicarinya.

Menurut saya salah satu faktor penting dalam menulis ini perlu diketahui hal-hal dibawah ini,  Perhatikan 7 Tips Dibawah Ini yang diperhatikan dalam menulis artikel:



1. Pemilihan Judul Artikel

Pemilihan judul artikel sangat mempengaruhi dalam SEO Onpage. Semakin judul posting yang sobat buat bagus, Semakin besar pula peluang anda untuk mendapatkan trafik yang besar. Cara menulis judul artikel yang baik bisa dengan cara berikut ini :
Buat judul artikel yang sesuai dengan tema. Coba anda tulis judul artikel yang sesuai dengan tema. Maka artikel anda akan disuka oleh si pembaca dan juga dapat nilai plus dari google. Coba bayangkan apa yang terjadi jika anda menulis artikel yang tidak sesuai dengan tema? Apa yang terjadi? "This Is Question Of Life" (ngomong pake logatnya om dedi corbuzier) hahaha :D
Buat judul artikel yang menarik perhatian orang banyak. Meskipun artikelnya biasa-biasa saja, tapi jika judul artikelnya luar biasa kan bisa menarik pengunjung untuk membaca artikel tersebut.
Buat judul dengan kata-kata yang menarik. Sadarkah anda? Pasa kita saat membaca artikel orang lain, kita telah terpancing oleh judul dengan kata-kata yang menarik seperti : Inilah.... Rahasia.... Gratis.... Tutorial.... Bagaimana..... Jutaan/Ribuan/Puluhan..... (menyatakan jumlah).
Buat artikel list atau daftar. Buatlah judul postingan yang mengandung paduan huruf dan angka yang mengartikan sebuah daftar tentang suatu, contohnya 7 Tips Mencegah Kebakaran Mobil dengan Alat Pemadam Api. Selain menarik minat pembaca, google memberi nilai lebih pada isi artikel yang berisi daftar dan menggunakan bullet & numbering.

2. Pemilihan URL Artikel

Pemiliha URL artikel juga bisa menjadikannya sebagai kata kunci. Tidak percaya ? Coba anda lihat gambar ini :

Nah disana sudah terlihat jelas bahwa KOMPUTER pada url artikel bisa menjadi keyword. Tapi masalahnya di blogspot jika kita menulis judul artikel yang panjang, maka url tersebuat akan terpotong. Kan sedikit kesal juga sih. Tapi tak mengapa, Kali ini blogspot juga sudah bisa memodifikasi url artikel yang panjang sehingga tidak akan terpotong. Untuk tutorialnya saya rasa sobat sudah bisa memakainya sendiri. hehehe :D


3. Gunakanlah Label Di Setiap Postingan Artikel

Selain untuk membantu aliran ke halaman-halaman artikel saat dipasang di Sidebar atau Widget, Label juga sangat penting untuk pencarian kategori yang dicari oleh pengunjung blog anda. Jika memakai lebih dari satu label pisahkan dengan koma agar labelnya bisa terlihat lebis sexy. wkwk :p

4. Pastikan Sobat Telah Memasang Meta Deskripsi

Meta deskripsi ini yang akan ditampilkan pada snippet hasil pencarian Google, jadi pastikan meta deskripsi ini juga menggunakan kata kunci yang ada di artikel anda. Panjang meta deskripsi itu tidak perlu terlalu panjang, 150 karakter itu sudah memadai.

5. Buatlah Artikel yang Teroptimisasi

Untuk membuat Artikel yang SEO Friendly anda perlu mengikuti aturan-aturan berikut ini :

Panjang artikel minimal kurang lebih 500 kata
Setiap kata kunci setidaknya diulangi 3 kali di dalam artikel
Kata kunci yang muncul pertama kali harus di bold atau italic
Gunakan bahasa yang baku agar kualitas artikel tidak berkurang
Jika bisa, buat lagi satu frasa dengan kata kunci di dalam artikel dan beri tag Heading H2 atau H3


6. Pemasangan Gambar Disetiap Postingan

Pastikan gambar yang anda pasang mengandung Alt tag. Alt tag ini bertugas memberitahu Google tentang isi gambar, karena Googlebot belum bisa mengenali gambar yang kita posting. Ukuran file gambar juga jangan terlalu besar, karena bisa mempengaruhi waktu loading halaman. Idealnya adalah dari 10-90kb. Bagi pemakai blogspot, gambar sebaiknya langsung diupload saat menulis artikel, dan jangan dihosting di image hosting yang lain. Karena kadang hosting lain tidak bisa mengimbangi kecepatan loading gambar dari blogspot.

7. Memasang Link Di Dalam Artikel

Ikuti aturan pemasangan link yang SEO Friendly dalam postingan :

Pastikan semua link ternuka di Tab Baru untuk menghindari kelanjutan pembacaan artikel oleh pengunjung
Bedakan link yang keluar dan link yang menuju halaman blog anda sendiri. Untuk link yang keluar pastikan menggunakan rel="nofollow", sedangkan yang menuju artikel sendiri tidak perlu nofollow.
Usahakan dalam artikel anda setidaknya ada dua link menuju artikel lain di blog anda. Interlink seperti ini sangatlah penting untuk meningkatkan kemampuan robot mesin pencari mengindeks blog anda.


Demikianlah semoga membantu

Referensi : http://acep-computer-science.blogspot.com/2013/01/7-cara-menulis-artikel-yang-berkualitas-standart-seo.html#ixzz2Obd6ABiX

Sumber foto : google search gambar keyword cara menulis artikel di blog yang berkualitas









Baja Juga


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Yang Diperhatikan Dalam Menulis Artikel di Blog

loading...