Just Sharing

Wawancara Blogger Sukses Bersama Jacky Supit




"Belajar dan sabar! Saya sampai sekarang juga masih belum bisa dibilang sukses koq. Walaupun terkadang saya bisa mendapat 4 digit dalam sebulan, tapi saya yakin seharusnya saya bisa mendapatkan jauh lebih besar dari apa yang sudah saya dapatkan sekarang. Sabar, itu salah satu  kunci keberhasilan orang-orang sukses."

(Jacky Supit, dalam wawancara Blogguebo, 2008)



Pengantar:
Untuk seri ketujuh  kali ini, wawancara  dilakukan bersama Jacky Supit, blogger profesional Indonesia pemilik situs JackBook.com. Jacky Supit adalah salah satu blogger Indonesia yang menulis blog dalam bahasa Inggris dengan topik make money from blogging.

Silahkan kunjungi  www.JackBook.com untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang Jacky Supit.

Untuk selanjutnya, silahkan disimak dan dipelajari  wawancara berikut. Semoga bermanfaat.

(T): Tanya
(J): Jawab


(T): Bagaimana pendapat Anda tentang dunia blogging dan make money from blogging di Indonesia di tahun 2008 ini? Membaik? Stag? Tambah kacau?

(J): Tambah kacau? Emang sekarang -- ada yang -- kacau ya? :) Khusus di  Indonesia aja? Well, seharusnya nggak perduli di  Indonesia maupun bukan, semuanya bisa membaik ya. Terutama untuk make money-nya. Karena semakin lama, semakin banyak Advertising Network (AN) yang  bermunculan, sehingga kita bisa punya semakin banyak pilihan (nggak melulu Google Adsense). Tapi tergantung sang blogger masing-masing juga sih. Sebenarnya mungkin menurut saya perlu digarisbawahi tentang make money from blogging-nya itu. Kalau ngeblog fokusnya hanya untuk make money saja dari  awal, mungkin banyak blog yang nggak akan bertahan lebih dari 3 bulan. Apalagi jika




blogger itu habis ikut seminar tentang Adsense tanggal  11 Januari
2008 lalu, bisa-bisa baru 1 atau 2 hari udah berhenti karena kena
banned. :)


Oya satu lagi, saya rasa akan semakin banyak blogger yang menguangkan (itu bahasa Indonesianya monetizing ya?) blognya dengan cara menjual spot langsung ke client tanpa perantara (Direct Ads).

(T): Bagaimana dengan realitas blog-blog non-English (berbahasa Indonesia)? Bagaimana prospeknya di tahun 2008 ini? Bisakah merebut kue iklan yang mayoritas berbahasa Inggris? Apa strateginya?

(J): (Ini 4 pertanyaan ya? :) Hmm, saya ragu apakah  Google Adsense akan menerima blog berbahasa Indonesia tahun  ini, demikian juga Advertising Network lain yang selama ini hampir semua mensyaratkan blog harus berbahasa Inggris untuk bisa bergabung. Jadi  saya rasa kembali ke jawaban dari pertanyaan pertama tadi, Direct Ads.

(T): Apa sebenarnya kelebihan blog berbahasa Indonesia dibanding blog berbahasa Inggris berkaitan dengan topik make money from blog?

(J): Menurut saya, di  Indonesia ini masih banyak sekali orang-orang yang belum tahu bagaimana cara mencari uang yang baik di Internet. Banyak yang belum tahu apa itu Google Adsense, Chitika dll. Blog berbahasa Indonesia bisa lebih mudah mencari uang dengan program affiliasi. Usahakan agar orang-orang mendaftar ke program-program pencari uang itu dengan referral kita. Duitnya bisa lebih besar daripada ikutan Adsense sendiri loh :)

Lihat berapa penghasilan John Chow per bulan dari affiliate. Fiuh....


(T): Apa kekurangannya?


(J): Sama seperti jawaban pertanyaan #2.


(T): Apa peluang terbesar blog-blog berbahasa Indonesia untuk mendapatkan kue iklan online?

(J): Sama seperti jawaban pertanyaan #3. Affiliasi.


(T): Bicara soal niche, sebenarnya niche apa yang cukup




menjanjikan untuk blog berbahasa Indonesia?


(J): Ya cara mencari uang di internet. (IMHO, ya) Pada intinya sama seperti jawaban pertanyaan #3. Intinya, lebih fokus ke Program Affiliasi dan Direct Ads.

(T): Bagaimana dengan blog-blog pribadi? Bisakah ikut terjun dalam dunia make money from blogging ini? Kira-kira bagaimana monetisasinya?

(J): Blog-blog probadi?
(Jawabannya nggak nyambung atau pertanyaannya yang nggak nyambung ya. :), Medhy)

(T): Diantara program-program ini, Google Adsense dan PPC Ads, Affiliate Programs, Paid to Click, Paid to Review, Independent Ads, Others - kira-kira urutannya mana yang paling menjanjikan untuk blog-blog di tahun 2008? Alasannya apa?

(J): Untuk blog-blog di tahun 2008? Maksudnya yang berbahasa Indonesia? Sama saja seperti  jawaban pertanyaan #6. Kalau untuk yang berbahasa Inggris, tentu saja urutannya bisa berbeda-beda sesuai  dengan niche dari  blog itu masing-masing. Biasanya sih PPC Ads (termasuk Adsense) lebih bagus hasilnya pada situs/blog-blog teknologi  dan gadgets. Yang lainnya sama aja. Tergantung traffic dan popularitas blognya juga.

Note: Semakin populer biasanya semakin banyak yang beli Direct Ads.


(T): Apakah Anda setuju blogger Indonesia harus berusaha keras menulis blog dalam bahasa Inggris?

(J): Ya dan tidak. Kalau pintar bersosialisasi, seperti  Mas Cosa, pasti gampang banget cari  duit dari  affiliasi, karena  banyak  sekali orang Indonesia yang baru belajar mencari uang, dan perlu banyak-banyak info tentang program penghasil uang yang baik.

(T): Apakah justru fokus dengan blog berbahasa Indonesia dan mulai menemukan ceruk pembaca sendiri?

(J): Bisa juga. Baca lagi jawaban-jawaban pertanyaan di atas. :)


(T): Apa saran/masukan/nasehat untuk blogger Indonesia




yang ingin sukses di dunia make money from blogging?


(J): Waduh, apakah saya pantas untuk memberikan saran/masukan/nasehat? :) Tips aja kali ya. Belajar dan sabar! Saya sampai sekarang juga masih belum bisa dibilang sukses koq. Walaupun terkadang saya bisa mendapat 4 digit dalam sebulan, tapi saya yakin seharusnya saya bisa mendapatkan jauh lebih besar dari apa yang sudah saya dapatkan sekarang. Sabar, itu salah satu kunci keberhasilan orang-orang sukses.

(T): Satu kata untuk menggambarkan kondisi bisnis online
(khususnya blogosphere) di tahun 2008 ini?


(J): Dunia bisnis online semakin berkembang dengan cepat dan terus berevolusi, jadi teruslah belajar dan jangan ragu untuk mencoba hal- hal  baru, jangan sampai ketinggalan karena persaingan begitu ketat! Eh satu kata ya?

Jacky Supit
(biasa ditemui di JackBook.com, namun  saat  ini mengaku sedang sibuk menyiapkan forum baru yaitu TemplateForum.org.)


Terus belajar dan jangan takut mencoba hal-hal  baru. Barangkali poin inilah yang bisa kita garisbawahi dari wawancara bersama Jacky Supit kali ini.

Dengan gayanya yang khas, tidak berbeda dengan gaya berujarnya di Jackbook.com, Jacky Supit mengingatkan kita bahwa masih banyak hal  yang perlu kita pelajari jika ingin survive dan berhasil  di tengah persaingan dunia bisnis online.

Sumber : Ebook - www.Blogguebo.com




Baja Juga


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Wawancara Blogger Sukses Bersama Jacky Supit

loading...