Just Sharing

Waspada Terlalu Lama di Depan Komputer



Apa yang perlu diwaspadai ketika berlama-lama didepan komputer, lalu apa solusinya     Solusinya?

Salah seorang ahli kesehatan menyarankan agar aktivitas duduk di kantor hendaknya diselingi dengan aktivitas fisik setiap 20 menit sekali. Ini di lakukuan agar menghindari kekakuan otot, perbanyak minum air putih minimal 2 liter perhari, hindari duduk dengan posisi membungkuk, untuk pergelangan tangan gunakan bantal mouse, dan yang paling terpenting adalah Anda harus tetap menerapkan gaya hidup sehat, pola makan yang sehat dan berolahraga secara teratur. Sebaiknya dari sekarang anda mengantisipasi Pengaruh Buruk Kebiasaan Duduk Lama di Depan Komputer.


Efek buruk terlalu lama di depan layar monitor dan pencegahannya


Sudah kenal dengan istilah CVS? yaitu keluhan mata dan penglihatan akibat bekerja menggunakan komputer terlalu lama, ya, CVS (Computer Vision Syndrome).


Kebiasaan berlama-lama di depan monitor Laptop maupun PC pasti akan membuat mata lelah dan kepala pening. Entah itu untuk bekerja atau melakukan hal lain seperti bermain game dan browsing, atau bekerja keras mengejar deadline

Efeknya terkadang kita sedikit kesulitan untuk memfokuskan objek pandang, dan sebagainya. Hal ini tentunya diakibatkan pancaran radiasi monitor yang terlalu lama saat kita bekerja. Bahkan gangguan seperti mata kering yang membuat mata terasa perih juga mengancam.

Dikutip dari portal detik.com, “Selain sinar matahari, sering bekerja di depan komputer juga bisa membuat mata mengalami penurunan daya penglihatan, apalagi orang sekarang kayaknya nggak bisa lepas dari komputer,” jelas Dr Rini Mahendrastari Singgih, SpM, Paed.Opthal dari Mahendra Indonesia Eye Clinic.
Komputerisasi dan gadget dapat menyebabkan Computer Vision Syndrome (CVS), yaitu keluhan mata dan penglihatan akibat bekerja menggunakan komputer terlalu lama.
Computer Vision Syndrome biasanya terjadi karena sistem pencahayaan yang salah, kurang berkedip dan juga posisi duduk yang tidak benar.

Gejala CVS bisa meliputi sebagai berikut:

    Mata merah, pedih dan berair
    Mata kering
    Mata terasa lelah
    Kelopak mata atau dahi terasa berat
    Sakit kepala atau migrain (sakit kepala sebelah)
    Rasa sakit pada bahu

Selain mengalami CVS, sering bekerja di depan komputer juga bisa menyebabkan miopia (rabun jauh), tekanan bola mata tinggi (glaukoma) dan tarikan pada otot luar bola mata.

Beberapa cara yang dapat dilakukan agar mata tidak cepat lelah saat bekerja di depan komputer, antara lain:
    Beristirahatlah 10 hingga 15 menit
    Lihat objek yang jauh kurang lebih selama 10 detik
    Stretching atau melakukan latihan mata
    Atur pencahayaan dari komputer
    Istirahatkan mata selama 1 jam
    Atur posisi duduk (90 derajat), posisi keyboard (100 derajat) dari siku
    Jarak layar komputer sekitar 50-75 cm


Sitting Posture yang baik dan benar


Ada juga yang menyarankan untuk beralih ke layar jenis LCD, karena diketahui bahwa layar jenis ini memiliki pancaran radiasi yang cukup kecil. Terlebih, jika kita punya budget lebih, ga ada salahnya mengalokasikan dana untuk membeli kacamata anti radiasi,memang agak mahal, tapi harga tsb ga sebanding dengan bola mata kita yang sehat. Selain bisa dibawa kemanapun kita bekerja, kacamata ini tak hanya berguna saat kita bekerja di depan monitor, namuna juga melindungi mata dari cahaya lampu mobil, radiasi TV, dan sebagainya. Faktanya lapisan anti-radiasi pada kacamata tersebut, sangat berguna bagi mata kita. Karena lapisan tersebut secara otomatis mengurangi efek nyeri di mata akibat radiasi cahaya berlebih.

Sumber : yupazq.blogspot.com 




Baja Juga


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Waspada Terlalu Lama di Depan Komputer

loading...