Just Sharing

Tips Belajar untuk Ujian dan Tes CPNS




Ikuti hal-hal sebagai berikut :
Pelajari semua materi pelajaran yang di UN-kan dari kelas 1 sampai kelas 3 secara sekilas mulai saat ini.
Kemudian ketika kalian sudah mendapatkan gambarannya. Mulai pelajari soal-soal yang sudah keluar tahun lalu dan juga prediksinya untuk tahun ini, jika perlu cari Buku yang berisi tentang Bank Soal/kumpulan soal-soal latihan.
Selalu catat materi-materi yang kalian anggap penting atau kalian belum mengetahuinya. Kemudian baca berulang-ulang sampai benar-benar mengerti.
Setelah pulang Sekolah selalu belajar setiap hari selama 30 menit dirumah, karena hal tersebut lebih baik daripada belajar satu minggu sekali selama 5 jam. Jadi usahakan untuk belajar secara rutin dari hari ke hari. Ini akan membuat ingatan Anda jauh lebih terasah daripada belajar dalam satu waktu.
Sharing dengan teman-teman Anda atau guru di sekolah jika ada materi pelajaran yang masih kurang dimengerti. Jika teman bertanya, maka ajari teman yang membutuhkannya karena hal ini akan menambah daya ingat dan pemahaman kita. Ingat prinsip Padi : "Semakin Berisi Semakin Merunduk". Tapi pada saat Ujian jangan memberi contekan pada temannya...Itu perbuatan tidak baik....OK.
Rajin beribadah, terutama bagi muslimin selalu lakukan Sholat Tahajud karena Allah SWT. berfirman pada QS. Al-Isro ayat 79 : "Pada malam hari, hendaklah engkau shalat Tahajud sebagai tambahan bagi engkau. Mudah-mudahan Tuhan mengangkat engkau ketempat yang terpuji". Mudah-mudahan Ujian Nasional ini akan mengangkat derajat kita...Amin.
Pastikan semua perlengkapan ujian telah siap jangan sampai ada yang ketinggalan, kalau ada hal yang terlupa bisa di pastikan hal ini akan membuat anda panik sebelum ujian
Malam sebelum ujian sebaiknya jangan belajar yang terlalu berat. gunakan waktu ini hanya untuk mengingat kembali materi yang telah kita kuasai dan jangan mencoba belajar materi yang sama sekali tidak kita kuasai.
Berdoa sebelum mengerjakan, nikmatilah detik-detik ketika anda mengerjakan soal demi soal, jangan di buat stres dengan soal-soal yang sulit. Kerjakan soal yang anda anggap mudah, tapi  setelah selesai jangan lupa mengecek kelengkapan identitas di lembar jawaban.
Jangan pernah membahas soal yang telah dikerjakan pada hari itu, karena hal ini tidak akan merubah apapun justru anda akan kecewa ketika nantinya anda tahu ada jawaban anda yang salah dan membuat anda tidak konsentrasi pada pelajaran berikutnya, sebaiknya langsung pulang sekolah dan fokus belajar pada ujian esok hari.


10 TIPS LULUS UJIAN NASIONAL


1. Belajar Maksimal, Namun Tetap Rileks

Cara yang pertama ini adalah sebagai langkah memulai untuk memutar memori pelajaran yang telah tersimpan dalam syaraf otak. Sehingga belajar yang maksimal dan rileks menjadi pekerjaan rutin sebagian siswa yang akan menempuh ujian nasional.

2. Belajar Berkelompok Sebelum Menempuh Ujian

Tips ini sangat efektif jika dilakukan dengan sungguh-sungguh dan fokus. Karena salah satu langkah ini dapat membuat kita lebih mengetahui apa yang telah teman kita ketahui terlebih dahulu dalam bidang tertentu.

3. Membuat Referensi Pelajaran

Pelajaran yang lalu pasti ada saja yang kita lupakan. Resume atau rangkuman adalah salah satu cara untuk mengembalikan semua pelajaran yang kita agak lupa. Bahkan cara ini dapat kita lakukan dalam setiap pelajaran yang kita anggap menyulitkan kita.

4. Mempersiapkan Segala Yang Dibutuhkan Saat Ujian

Alat tulis menjadi hal utama dalam menjalankan ujian. Seperti pensil khusus, papan jalan serta penghapus. Karena tidak mungkin kita dapat sukses melaksanakan ujian tanpa alat tulis.

5. Hindari Pekerjaan Berat

Pekerjaan yang memungkinkan menggangu konsentrasi anda saat menjelang ujian sangat berpengaruh dalam konsentrasi pola pikir anda karena secara langsung otak menyerap dua tenaga yang berlawanan antara memori dan beban.

6. Melakukan Uji Wawasan Diri Sendiri

Tips yang tidak perlu diragukan lagi keampuhannya, karena dengan menguji wawasan anda dalam mata pelajaran yang akan di ujikan dalam UN, akan membuat anda semakin percaya diri ketika menghadapi soal ujian yang sebenarnya.

7. Hindari Cara Melakukan Kecurangan

Banyak cara dalam menempuh kesuksesan dalam ujian. Salah satunya adalah melakukan kecurangan (Mencontek), namun hal ini akan membuat anda bingung dan membuang tenaga karena dengan mencontek pada catatan yang anda buat sebelumnya ataupun anda mencontek kepada teman anda akan butuh membuang memori kerja otak dan tenaga 3 kali lipat dari pada anda mengerjakan dengan usaha dan kemampuan anda sendiri. Jadi, hindari kegiatan contek mencontek dalam pelaksanaan ujian.

8. Berdoa Dan Memohon Agar Pikiran Anda Tenang Dan Terang

Satu hal yang biasa kita lakukan sebelum melakukan aktivitas apaun yakni berdoa. Berdoa atau memohon kepada Tuhan adalah hal yang sangat positif yang dapat menambah rasa percaya diri. So! Jangan lupa anda berdoa sebelum dan sesudah mengerjakan soal ujian.

9. Memohon Restu Kepada Orang Tua, Keluarga, Dewan Guru dan Teman-Teman

Memohon restu kepada semua orang yang telah mendukung kita dapat membuat hati menjadi lebih tenang dan tidak akan merasa tegang ketika menghadapi para pengawas, soal ujian dan kepastian. Salah satu tips ini harus dilakukan oleh siapa saja yang akan menghadapi ujian, karena terbukti ampuh menyalakan rasa tanggung jawab akan jawaban yang telah dijawab.

10. Memperbanyak Ibadah Kepada Allah SWT

Mungkin dari sekian tips, ini adalah tips yang wajib dilakukan. Karena hanya kepada Allah SWT kita pasrah dan menyerahkan segalanya kepada-Nya. Bahkan keajaiban yang akan di munculkan oleh Allah SWT kepada siapa yang taat dan patuh serta selalu menyebut nama-Nya.


10 Tips agar Lulus Ujian Tes CPNS


1. Ikutilah tes CPNS sebanyak mungkin
Karena peluang untuk lulus juga menjadi lebih besar, disamping itu mengikuti lebih banyak tes CPNS membuat anda lebih terlatih untuk menghadapi tes CPNS.

2. Jangan cepat menyerah
Sangat jarang teman yang saya tahu yang baru ikut sekali tes CPNS dan langsung lulus, saya sendiri bisalulus setelah mencoba beberapa kali.

3. Utamakan yang lebih berpeluang
Peserta tes CPNS untuk menjadi pegawai di Pemkab / Pemkot / Pemprov umumnya lebih banyak dibanding dengan peserta tes CPNS di instansi lain atau di bawah departemen lain. Selain itu, daripengalaman saya soal-soal tes CPNS di departemen lain lebih obyektif dibanding Pemkab / Pemkot / Pemprov. Misalnya yang jurusan Informatika ada tes / soal khusus bidang Informatika.

4. Belajar!
Tips yang satu ini wajib bagi anda, jika ingin lulus tes CPNS tentu anda harus belajar. Jangan mengandalkan SKS (sistem kebut semalam) untuk lulus tes CPNS. Belajarlah minimal seminggu sebelum tes, ya minimal 1 jam per hari. Beli dan pelajari soal-soal tes CPNS yang biasanya banyak dijual di tempat pendaftaran.

5. Ketahui semua informasi
Jangan sampai hal-hal sepele anda gagal mengikuti tes, misalnya karena terlambat mendaftar atau belum melengkapi persyaratan.

6. Survey lokasi tes
Jangan meremehkan hal ini, datanglah ke tempat lokasi tes CPNS sehari sebelum tes diadakan dan memastikan dimana tempat duduk anda. Jangan sampai anda kehabisan waktu di hari H karena bingung mencari lokasi tes CPNS atau bingung mencari tempat duduk.

7. Jangan terlambat
Disini tidak berlaku hukum “lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali”. Jika anda terlambat, peluanganda untuk lulus tes CPNS sudah jauh berkurang. Waktu yang tersedia sudah berkurang, anda juga tidak bisa konsentrasi untuk menjawab soal dan semua persiapan anda untuk tes CPNS akan sia-sia. Bila perlu, datanglah sejam lebih awal agar anda lebih rileks dan tidak tergesa-gesa ketika mengerjakan soal.

8. Lengkapi diri
Persenjatai diri anda dengan lengkap, seperti pulpen, pensil, penghapus, alas dan lainnya. Jangan berharap bisa meminjam perlengkapan ini ketika tes sedang berlangsung.

9. Perhatikan petunjuk soal
Perhatikan semua petunjuk soal, seperti cara menjawab, waktu yang tersedia dan hal yang lainnya. Janganpernah menyepelekan apapun disana. Setelah selesai menjawab soal, jika masih tersedia waktu, gunakan untuk memeriksa kembali jawaban anda. Jangan tersenyum kegirangan ketika anda merasa menjadi orang yang paling dulu selesai menjawab soal. Perhatikan sekali lagi, jangan-jangan anda malah belum menjawab satu sesi soal yang ada.

10. Doa
Langkah terakhir tentu saja doa. Entah bagaimana dengan orang lain, tapi saya percaya kekuatan doa. Berusaha sekuat tenaga ditambah dengan doa tentu akan menghasilkan sesuatu yang maksimal. Berdoalah sebelum dan setelah selesai mengerjakan soal tes CPNS sesuai dengan keyakinan anda sendiri.



Tips Bagaimana Cara Lulus Ujian Nasional ( UN ) SD, SMP, SMA 2013 :
Mulai sekarang siapkan mental untuk menghadapi ujian
Bagi waktu antara sekolah dan bermain, prioritaskan mana yang penting mana yang tidak
Mintalah doa pada orang tua supaya berhasil
Bangun sepertiga malam, berdoa kepada Allah supaya di beri kelancaran
Jika ada yang punya dana, silahkan untuk bimbingan belajar di primagama, SSC, Ganesha atau yang lain.
Yakin dan optimis bahwa bisa
Jika sudah di persiapkan semua… Jangan lupa semua di pasrahkan pada Allah , bahwa semua hasil kalau sudah berusaha maksimal, Allah lah yang memberi takdir yang terbaik pada kita





Baja Juga


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Belajar untuk Ujian dan Tes CPNS

loading...