Just Sharing

Tips Agar Sukses Jadi Blogger




Bukannya saya pintar dalam hal ini, ini adalah dari hasil browsing yang menurut saya bagus untuk diketahui, untuk itu judul artikel ini saya kasih nama Tips Agar Sukses Jadi Blogger

Berikut ulasannya

Berikut ini 3 prinsip dasar yang saya pelajari dari metode mereka:

1.     Blog Hanya Platform
Pada awalnya orang menggunakan blog sekedar platform berbagi ide kepada pembaca. Namun hari ini banyak orang blogging termotivasi oleh keinginan memperoleh penghasilan (termasuk saya). Akibatnya konten dan desain blog beralih melayani sponsor.
Berbeda halnya dengan kedua blogger yang saya contohkan diatas. Dari awal sampai sekarang tujuan konten mereka konsisten melayani pembaca. Pelayanan merekalah yang kemudian menghasilkan uang.
“ Uang adalah hasil, bukan tujuan – Apple “
Google merupakan contoh terbaik dari konsep pelayanan.
Larry Page & Sergey Brin memulai google dengan tujuan mulia melayani pengguna web mencari informasi. Desain Google mencerminkan tujuan mereka. Seperti kita lihat, hanya ada kotak pencarian di tengah halaman. Visi pelayanan google tidak berubah hingga detik ini, meski mereka telah menjelma raksasa mesin pencari.
Saya melihat Darren Rowse & Patt Flynn memakai filosofi yang sama. Mereka fokus untuk melayani pembaca yang ingin belajar blogging. Akhirnya, pembaca yang merasa dilayani pun membalasnya dengan loyalitas.

Dampaknya luar biasa. Pembaca yang loyal merespon positif setiap kali mereka memasarkan produk. Pembaca percaya bahwa produk yang ditawarkan masih dalam rangka menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Pembaca tidak merasa dijadikan objek penjualan.

2.     Monetisasi Berorientasi Pembaca
Konsep monetisasi blog mirip dengan konsep ‘menjual oplah’ pada media tradisional. Blogger ‘menjual’ traffic kepada sponsor yang ingin menarik perhatian pembaca blog bersangkutan. Program monetisasi yang popular di kalangan blogger contohnya  adSense, BuySellAds, Tekst Link Ads, Infolinks dan ReviewMe.
Saya melihat sumber pendapatan terbesar Darren Rowse dan Patt Flynn justru berasal dari penjualan produk sendiri dan afiliasi. Mereka memahami karakter pembacanya. Tak heran jika mereka paham jenis produk yang dibutuhkan oleh pembaca. Pengetahuan itu melandasi mereka dalam memilih produk yang akan ditawarkan.
Memang benar mereka ‘mengiklankan’ produk. Tapi mereka mengiklankannya ‘sebagai konten’. Mereka terlebih dahulu memberikan tips-tips yang berguna bagi pembaca. Agar tips-tips itu mudah diterapkan, mereka kemudian merekomendasikan sejumlah produk/tolls yang bisa membantu. Tentu saja dilengkapi link afiliasi.
Dengan kata lain, ‘iklan’ pun masih salah satu bentuk pelayanan mereka kepada pembaca.

3.     Otoritas = Bisnis
Otoritas berarti pembaca percaya kapasitas seorang blogger pada niche tertentu. Darren Rowse & Patt Flynn bekerja keras membangun otoritasnya pada niche masing-masing. Caranya beragam. Mulai dari posting blog, merilis ebook, podcast, video tutorial, kampanye social media, serta mengadakan webinar.
Kepercayaan pembaca atas otoritas mereka yang pada akhirnya menghasilkan penjualan. Contohnya Darren Rowse yang tercatat berhasil menjual puluhan ribu ebook  31 Days to Build a Better Blog hanya dalam hitungan minggu. Pemicu penjualan cuma satu, pembaca percaya otoritas Darren di dunia blogging.
Ebook hanya salah satu produk Darren Rowse.  Dia menawarkan produk yang beragam, misalnya theme, plugin, job board, blogging tools, atau kursus blogging. Produknya selalu berubah seiring waktu. Hanya bisnis Darren Rowse yang tidak berubah, yaitu; Otoritas.

Sumber : http://dangstars.blogspot.com/2012/08/bisnis-online-3-rahasia-sukses-blogger.html

Tips yang lain
Beberapa tips yang bisa membuat kita menjadi blogger yang sukses dan mampu untuk survive di dunia ngeblog :

1. Tunjukkan siapa diri kamu sebenarnya.

Jangan takut untuk dikenal oleh banyak orang. Tidak ada gunanya kamu menulis posting atau komentar berkualitas namun kamu menyembunyikan identitas kamu. Menjadi anonim bisa menjadi suatu kerugian, terlebih kalau kamu memberikan manfaat bagi banyak orang. Tunjukkan diri kamu, agar setiap orang tahu bahwa kamulah yang memberi banyak manfaat melalui tulisan-tulisan di blog kamu.

2. Fokus

Fokuslah terhadap konten dan topik yang kamu bahas. Ingat bahwa blogging = sharing, semakin banyak dan bermanfaat sharing yang kamu berikan melalui posting kamu…maka kamu telah selangkah lebih maju untuk sukses.

3. Ngeblog dengan hati

Blog kita nantinya akan dibaca oleh puluhan, ratusan, bahkan jutaan pengunjung setiap harinya. Karena itu suguhilah mereka dengan konten yang kamu sukai. Jika kamu sendiri tidak menyukai apa yang sedang kamu bahas, akan sulit bagi pembaca untuk menyukai isi blog kamu.

4. Konsisten untuk terus menulis

Rajin adalah salah satu kunci sukses di segala bidang kehidupan, termasuk juga ngeblog. Di dunia blogging, rajin menulis merupakan salah satu hal yang menentukan kesuksesan blog kamu kedepannya. Isilah blog yang kamu buat dengan tulisan2 yang terus menerus terupdate secara konsisten. Dengan rajin menulis di blog, kamu bisa dicintai oleh mesin pencari sekaligus oleh jutaan pengunjung di dunia.

5. Rajin bertukar link.

Bertukar link dengan blog lain sangatlah menguntungkan. Blog kamu bisa dikenal oleh pengunjung blog teman kamu begitu pula sebaliknya.

6. Isi komentar di blog lain

Dengan mengisi komentar di blog lain, kamu sama saja dengan memasang promosi gratis buat blog kamu. Dengan begitu blog kamu akan lebih dikenal dan lebih cepat booming dengan mudah. Tapi jangan spam yaa…Komentar yang baik adalah komentar yang bermanfaat.
7. Have fun
Jangan buat ngeblog menjadi beban. Blog adalah bersenang senang untuk mencurakan isi pikiran. Jika kamu menganggap blog sebagai beban, lama kelamaan blog kita akan kandas di tengah jalan.

8. Lakukan ping seusai membuat posting baru.

Dengan ping maka informasi terbaru yang ada di blog kita dapat segera diketahui oleh search engine. Salah satu layanan ping buatan wordpress adalah ping-o-matic.

9. Gunakan feed.

Feed digunakan untuk berlangganan artikel secara gratis. Dengan memanfaatkan feed, maka pengunjung kamu akan memperoleh artikel2 terbaru kamu melalui feed reader atau email mereka.

10. Pilih judul posting yang menarik

Judul yang menarik adalah judul yang dapat membuat pengunjung penasaran dan ingin segera membaca artikel kamu selengkapnya. Artikel yang menarik bisa saja tidak akan dibaca oleh pengunjung jika tidak memberi judul yang tepat pada artikel tersebut.

11. Jadilah ilmuwan blog.

Disini bukan berarti kamu harus kuliah atau sekolah khusus tentang blog. Tapi jadi ilmuwan yang PG maksud adalah jangan takut bereksperimen terhadap blog. Kamu bisa mencoba memasang plugin, tools2 baru, atau mencoba memodifikasi blog agar kamu semakin paham dengan dunia blogging. Karena ada pepatah mengatakan experience is the best teacher…learning by doing. Tetapi jika blog kamu sudah sangat ramai, kamu bisa melakukan eksperimen di blog cadangan dulu..memastikan eksperimen kamu berhasil..lalu baru aplikasikan di blog utama kamu.

Sumber : http://www.pusatgratis.com/tutorial/blogging/rahasia-menjadi-blogger-sukses.html




Baja Juga


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Agar Sukses Jadi Blogger

loading...