Just Sharing

Cara Masuk dalam 10 besar Mesin Pencari google




Bagi blogger ini jadi tujuan karena dengan cara ini akan menghemat biaya iklan, dan cara ini gratis, lumayankan tidak keluar uang , dengan teknik ini trafik jadi tinggi, coba kalau iklan berbayar berapa uang yang akan dikeluarkan.

Kata para blogger ini ya, caranya adalah belajar SEO apa itu SEO berikut urainnya
Saya ikutip dari ebook yang dikumpulkan Oleh :Putranda Akhmad Dipersembahkan oleh http://www.klikabadi.com

SEARCH ENGINE DAN DIRECTORY
Didunia  internet  ada  dua  macam  tipe  pencarian  situs  yaitu  Search  engine  dan direktory apa itu ??? simak penjelasan di bawah ini :
Search  engine  merupakan  sebuah  sistem  database  yang  dirancang  untuk  meng- index alamat-alamat  internet  . Untuk melaksanakan  tugasnya  ini, search  engine  memiliki program  khusus  yang  biasanya  disebut  spider.  Pada  saat  Anda  mendaftarkan  sebuah alamat  website  (URL),  spider  dari search  engine  akan  menerima  dan menganalisa  URL tersebut. Dengan proses dan prosedur yang serba otomatis,  spider ini akan memutuskan apakah web yang anda daftarkan layak diterima atau tidak. Jika layak, spider akan langsung menambahkan alamat URL tersebut ke sistem database mereka. Rangking-pun segera ditetapkan dengan algoritma dan caranya masing-masing.  Jika tidak layak, terpaksa Anda harus bersabar dan mengulangi pendaftaran diwaktu yang lain. Jadi semua yang namanya search engine, pasti memiliki program yang disebut Spider. Dan program inilah yang sebenarnya menentukan posisi web site Anda di search engine tersebut. Contoh beberapa search engine terkenal adalah :  Altavista,  Google,  Excite,  Northern Light,  Hotbot, dan masih bayak lagi.
Berbeda  dengan  directory  yang meng-index  halaman  web secara  manual.  Manual yang  dimaksud  adalah  mereka  menggunakan   orang  biasa  untuk  menganalisa   setiap halaman web yang masuk. Tidak menggunakan  spider atau crawler seperti halnya search engine. Keunggulan directory dibanding search engine adalah memberikan hasil pencarian yang  lebih  relevan  dengan  kualitas  yang  relatif  lebih  baik.  Tapi  karena  semua  proses dilakukan secara manual (menggunakan editor manusia), jumlah database yang dimiliki bisasanya jauh lebih kecil dibandingkan  dengan search engine. Itulah sebabnya sekarang ini banyak perusahaan yang mengelola directory menerapkan sistem ganda, yaitu menggunakan  directory + search engine. Contoh nyata adalah  Yahoo yang menggandeng Google  sebagai  search  engine  default-nya.  Contoh  beberapa  directory  terkenal  selain
Yahoo adalah  Open Directory Project,  Looksmart, dan  NBCi.
Mempunyai  website yang bagus belum tentu menjamin akan mendapatkan  rangking dalam  penempatan  di search  engine,  atau sangat  percuma  jika website  anda  mendapat tempat  ke  200  misalnya,  siapa  yang  mau  susah-susah  mencari  halaman  yang  begitu banyak ???.
Setiap search engine memiliki cara dan algoritma masing-masing  untuk menentukan rangking dari sebuah web site. Tetapi beberapa poin dibawah ini sudah umum dipakai tolak ukur  oleh  sebagian  besar  sistem  search  engine,  dan  pastikan  kalau  web  site  Anda memakainya.

1.  Keyword pada domain name, jika Anda memiliki web site yang berisi masalah pencarian uang misalnya, akan sangat baik kalau Anda menggunakan domain www.money.com.
2.   Keyword  pada  nama  file,  misalnya  Anda  memiliki  halaman  web  yang  berisi informasi mencari uang online, akan sangat baik jika disimpan dengan nama money.html, ini juga akan mempengaruhi rangking.
3.   Keyword  pada  page  title, tag <title>  pada halaman  HTML  sangat  penting  untuk dioptimalkan.   Usahakan  agar  title  yang  digunakan  mengandung   keyword  yang relevan dengan isi halaman web.
4.   Keyword pada headline, bagi Anda yang sudah menguasai HTML tentu mengenal tag <H1>,<H2>, dst. Tag headline sangat baik dipakai untuk judul sebuah paragraf, misalnya : <H1>Get Paid to Surf</H1>. Headline sangat diperhitungkan oleh Search Engine.
5.   Gunakan keyword yang relevan pada meta tag, janganlah menggunakan keyword yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan isi halaman web Anda. Hal ini bisa dideteksi oleh search engine dan akan dianggap spamming.
6.   Keyword  pada  page  content,  keyword  yang  diharapkan  harus  terdapat  pada  isi halaman  web. Gunakan  juga frase atau kata-kata  lain yang berhubungan  dengan keyword utama.
7.  Meta tags, adalah tag-tag HTML khusus yang digunakan untuk menggambarkan keseluruhan dari isi web Anda.
8.   Link Popularity, adalah jumlah halaman web lain yang memasang link ke web site
Anda. Beberapa search engine utama sangat memperhatikan hal ini. Semakin besar link popularity suatu web site, rangkingnya akan semakin tinggi.
Jika web site Anda sudah dioptimalkan sesuai dengan 8 poin tersebut, dijamin akan
mendapat rangking yang baik pada search engine

META TAG
Meta tag description digunakan untuk memberikan gambaran umum mengenai isi dari halaman web Anda. Ukurannya tidak boleh lebih dari 200 karakter. Dan usahakanlah agar description ini bisa menjadi kalimat-kalimat yang letaknya di awal halaman web page yang bersangkutan. Contoh penulisan meta tag description adalah sebagai berikut:

<meta name="description" content="tutorial situs dalam bahasa indonesia, membahas teknik mencari uang secara online melalui internet.">

Dan jika bagian paling awal dari web Anda berupa sebuah menu, maka deskripsi yang ditampilkan pada hasil pencarian Lycos adalah seperti ini :

Home | Products and Service | Contact Us | About Us ...welcome to our online store, the best place on the web to...

Meta tag keyword sangat penting keberadaannya, karena akan menentukan kata kunci apa yang bisa menemukan halaman web tersebut pada search engine. Sintak dasar dari meta tag keyword adalah sebagai berikut :

<meta name="keywords" content="keyword1 keyword2 keyword3 ...">


atau ada juga yang menulis dengan pemisah tanda koma :


<meta name="keywords" content="keyword1, keyword2, keyword3, ...>


Keduanya berfungsi sama dan tidak ada pengaruhnya pada search engine. Tujuan pemakaian tanda koma agar keyword-keyword tersebut lebih mudah dibaca. Yang perlu diperhatikan disini adalah jangan mengulang sebuah kata lebih dari 3 kali, karena akan dianggap spamming. Contoh pemakaian meta tag keyword yang salah adalah :
<meta name="keywords" content="uang, uang gratis, dapat uang, uang saku, mencari uang>
Terlihat sekali bahwa kata "uang", diulang lebih dari 3 kali. Contoh berikut ini tidak akan dianggap spamming oleh search engine :
<meta name="keywords" content="Sebuah situs tentang cara mencari uang">
Yang tak kalah pentingnya mengenai keyword adalah jangan membuat keyword yang tidak ada hubungannya dengan isi halaman web Anda. Hal ini juga akan dianggap spamming. Misalkan web Anda memuat informasi mengenai cara cari uang online,

jangan sekali-kali menambahkan "Porn" atau "Telanjang" sebagai keyword hanya karena keyword-keyword ini terkenal di internet dan banyak dicari orang.
Meta Tag Robots Tujuan utama penggunaan  adalah untuk menentukan halaman web yang mana bisa di-index oleh spider dan halaman web mana yang tidak. Tag ini sangat berguna sekali terutama jika seuatu web site memakai frame untuk navigasinya. Tentunya kita tidak ingin me-nampilkan menu-menu dalam frame untuk dibaca oleh search engine. Format dasar dari meta tag robots adalah sebagai berikut :
<meta name="robots" content="index | noindex | follow | nofollow">


Sebagai contoh, jika Anda ingin agar spider membaca main page, dan menelusuri semua link yang ada maka tambahkan perintah berikut ini :
<meta name="robots" content="index follow">
Dengan perintah ini spider akan meng-index main page Anda dan men-jadwalkan untuk meng-index halaman-halaman lain yang bisa dicari melalui hyperlink (<a href="">). Perintah  berikut  ini  akan  menginstruksikan agar  spider  tidak  meng-index  maupun menelusuri link yang ada pada suatu halaman web.
<meta name="robots" content="noindex nofollow">
Jika anda belum tahu tempat posisi meta tag pada halaman website anda, coba anda buka/edit halaman website anda dengan FrontPage kemudian pada tampilan "HTML" bisa anda lihat pada bagian atas sendiri

<title>::: KLIKABADI ::: Cara mencari uang di Internet .......</title>
<META content=Putranda name=Author>
<META content="chatting,email,browsing,mailing list forum diskusi
internet,uang,duit,wang,dollar,cuma-cuma
gratis,free,rupiah,peluang,lowongan,kerja,situs,iklan,promosi,adult,bisnis,
indonesia." name=Keywords>
<META content="tutorial situs dalam bahasa indonesia, membahas teknik-
teknik mencari uang secara online melalui internet."
name=Description>
<META content="index, follow" name=robots>

PENDAFTARAN KE SEARCH ENGINE

Search engine mempunyai aturan tersendiri dalam menerima web site. Di sarankan agar  Anda  membaca  dengan  seksama  aturan  yang  mereka  berikan.  Lihat  juga  berapa jumlah  maksimal  halaman  web yang  bisa Anda  daftarkan  sekaligus  dalam  sekali  wakt\u. Jangan sekali-kali melebihi jumlah maksimal yang mereka berikan.

Saat  ini  ada  lebih  dari  1000  search  engine  yang  bertebaran  di  internet.  Tapi  dari sekian banyak  tersebut  hanya beberapa  saja yang memiliki  database  besar dan lengkap yang juga mendominasi  dari segi jumlah pengunjung.  Berikut ini akan disajikan  9 alamat search engine terkenal beserta alamat dimana Anda bisa mendaftarkan alamat URL Anda.
9 search engine ini biasa disebut major search engine, karena database mereka biasanya

juga dipakai oleh search engine-search engine lain yang lebih kecil.



Nama               Alamat URL                                      Alamat pendaftaran

Altavista      http://www.altavista.com/        http://add-url.altavista.com/cgi-bin/newurl?

All The
Web            http://www.alltheweb.com/       http://www.alltheweb.com/add_url.php3

Direct Hit     http://www.directhit.com/         http://www.directhit.com/util/addurl.html

Excite          http://www.excite.com/            http://www.excite.com/info/add_url_form/

Google         http://www.google.com/           http://www.google.com/addurl.html

Hotbot         http://www.hotbot.com/           http://hotbot.lycos.com/addurl.asp

Lycos           http://www.lycos.com/             http://home.lycos.com/addasite.html

Northern
Light            http://www.northernlight.com/  http://www.northernlight.com/docs/regurl_help.html

Webtop        http://www.webtop.com/          http://www.webtop.com/search/vanilla/addurl.html


Jika anda ingin melakukan  submit/pendaftaran  sekarang,  online-kan  komputer  anda

dan saya sarankan submit lah pada jam-jam yang sepi (malam hari).
Yang kedua saya kutip dari Ebook Yudha Yudhanto,  S.Kom yyudhanto@yahoo.com http://www.rumahstudio.com
 “Mudahnya membuat web seperti membuat mie instant”. Sebuah ungkapan realitis untuk saat ini. Tetapi kemudahan dalam mempublish sebuah web ternyata sebanding dengan mudahnya web-web tersebut  mati. Semangat membaja ketika membuat web yang tidak diikuti dengan visi yang kuat dan konsistensi dalam memeliharanya hanya akan berujung kepada bertambahnya jumlah kematian-kematian web yang ada.

Data yang dirilis oleh ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers)
yang dimuat di icannwiki.org menyebutkan ada 113.598.516 web dengan alamat
.COM, NET, ORG,INFO, BIZ dan US saat ini. Tetapi di saat itu pula ada 374.626.983 web yang dihapus dari dunia maya karena telah mati atau sebab lain. Dan tragisnya ada
446.308 web yang tidak hidup dan enggan mati (On-Hold).
Gbr. Tabel jumlah web untuk COM,NET,ORG,INFO, BIZ dan US

Salah satu sebab kenapa web itu mati adalah ketidak mampuan para webmaster untuk menampilkan web-web yang sedang mereka kelola masuk dalam ranking bagus pencarian web. Ini hampir seperti lomba, bayangkan jika sobat membuat sebuah web diantara ratusan juta web. Jika sobat tidak memperhatikan tips agar alamat sobat muncul di google/yahoo atau tidak dapat dengan mudah ditemukan oleh orang lain. Maka ‘tenggelamnya’ web tinggal menunggu waktu saja. Apalagi visi dan tujuan web terlalu umum seperti shopping online, blog, majalah dsb maka ketika semangat telah turun, statistik pengunjung tidak jelas, bahan update habis, kreativitas hilang dan kesibukan lain sedang menyita so monumen web sudah siap menunggu.

1. SEO (Search Engine Optimation)

SEO adalah cara optimasi website agar bisa ditampilkan di halaman utama pada sebuah situs  pncarian.  Intinya adalah  apabila  seseorang  mengetikkan  kata  pencarian  pada kotak search engine seperti di Google, Yahoo, maupun MSN maka alamat web kita bisa muncul di halaman  pertama  pencarian  sesuai dengan kriteria kata kunci yang dicari user tersebut
Jika tujuan SEO terpenuhi, tentunya visi misi dari web tersebut  akan mudah tercapai. Otomatis statistik pengunjung meningkat, interaksi dan transaksi bertambah dan kepopuleran web lebih cepat. Ini semua akan memberikan suntikan motivasi untuk lebih semangat dan kreatif dalam mengelola sebuah web untuk memuaskan semua user yang mengaksesnya. Tips dan trik SEO meliputi beberapa hal yakni :

1.  Content adalah utama
Hal ini sudah menjadi keharusan! karena kalau web kita tidak sering di update otomatis membuat orang malas mengunjungi kembali web kita. Apalagi jika kita ingin web kita berumur panjang dengan pengunjung yang selalu banyak, maka updatelah isinya.

Isilah tag-tag kata kunci dengan kata-kata sesuai dengan keyword sehingga mudah ditemukan.

Apa hubungannya update dengan peringkat kita di google atau search engine yang lain ? Hubungannya adalah, ketika web kita sering di update maka akan mengundang orang mengunjungi web kita, jika web kita banyak pengunjung maka juga akan meningkatkan posisi web kita di search engine.
2.  Back Link dan kualitas
Back link ini merupakan link website milik kita yang ditampilkan pada website orang lain. Kualitas back link ini bisa mempengaruhi page rank (rangking) website. Semakin tinggi page rank maka search engine menilai website kita memuat content (isi) website yang ‘berkualitas’ untuk ditampilkan pada hasil pencarian. Kualitas back link ini berasal dari website yang menaruh link ke website kita. Cara lain adalah rajin memberikan komentar di web/blog lain dengan mencantumkan alamat web kita disana. Selain itu juga dengan mendaftarkan tulisan ke social bookmarking seperti : www.digg.com, www.del.icio.us, www.blogcatalog.com, www.dignow.org, www.simpy.com

3.  Alamat Domain yang sejalan
Dalam pemilihan nama alamat domain pertama kali, usahakan agar mengandung unsur keyword (kata kunci pencarian) dari visi misi web kita. Alamat www.tokobukumu.com lebih cocok dari pada www.murahmeriah.com untuk sebuah web shopping online toko buku karena kata toko dan buku bisa lebih mudah dan cocok ditemukan oleh calon pengunjung.

4.  Membuat Tag Title dan Meta tags

Ada banyak Meta/Header  Tags yang ditulis diantara tag <head>…<./head>
diantaranya adalah :
1.  Tag title.  Tag title akan ditampilkan di pojok kiri atas suatu browser. Isi title ini dengan kalimat yang ada kata-kata keywordnya. Pembuatnya title ini sangat diperhatikan  oleh search engine. Jangan membuat tag suatu halaman web anda sama dengan halaman web anda di halaman lain. Search engine terutama  google dapat mengenali duplicate tag. Contoh :
<title>Selamat Tinggal ke-Syirikan | Tahun baru 1431H </title>
<meta name="Title" content=" Selamat T inggal ke-Syirikan | Tahun baru 1431H" />


2.  Tag description. Berisi deskripsi web anda, usahakan ada keyword yang diinginkan.
Jangan terlalu pendek contentnya Contoh :
<meta name="description" content=" Kesyirikan ketika menyambut tahun hijriyah hanya akan membawa bencana dan menunjukkan ketidak fahaman terhadap agama" />

3.  Tag keywords. Berisi keyword yang anda inginkan. Contoh :
<meta name="keywords" content="syirik,islam,tahun,baru,hijriyah,dosa,besar,artikel"/>
 4. Tag robots. Tag ini untuk memberitahukan ke crawl agar melakukan pengindexan atau tidak. Karena ada beberapa web yang sengaja tidak ingin diketahui. Tentu dalam hal ini kita mengijinkan untuk mengindex-nya. Contoh :
<meta name="robots" content="index, follow" />
<meta name="googlebot" content="index,follow" />
<meta name="msnbot" content="index,follow" />
Program robot dipunyai semua search engine untuk melakukan penjelajahan 24 jam.

5. Tag alternate. Format lain cara publikasi seperti RSS. Contoh :
<link rel="alternate" type="application/rss+xml" title="Selamat Tinggal
Kesyirikan "
href="http://www.percikaniman.org/selamat-tinggal-kesyirikan/rss_articles/" />


6. Tag author dan Copyright. Contoh :
<meta name="author" content="homepi percikan iman" />
<meta name="copyright" content="2009 www.percikaniman.org" />

5.  Sitemaps sebagai peta dan daftar isi otomatis


Adalah halaman yang menampilkan peta link pada website, sitemaps memudahkan spider dari search engine untuk menelusuri isi website dan mengupdate setiap perubahan yang terjadi di website pada database search engine. Untuk membuat sitemaps kita bisa menggunakan http://www.xml-sitemaps.com/ atau yang lainnya

6.  Natural Listing
Natural Listing adalah kita mendaftarkan website pada search engine untuk diindex dalam database search engine tersebut agar bisa ditampilkan pada hasil pencarian melalui search engine tersebut.  Dalam melakukan natural listing, ada beberapa search engine utama yang perlu didaftarkan antara lain:

Google http://www.google.com/addurl
Yahoo http://search.yahoo.com/info/submit.html
MSN http://beta.search.msn.com/docs/submit.aspx
Dmoz http://www.dmoz.org/add.html

Atau menggunakan jasa pendaftaran website / “URL Submission” seperti:
http://www.submitexpress.com/submit.html\
http://www.addme.com
http://www.addpro.com
http://www.freewebsubmission .com

Semoga dengan memahami SEO maka web yang sedang kita kelola lebih cepat populer dan tujuan yang kita sasar lebih cepat tercapai. Amin
Demikian hanya meneruskan info saja, karena menurut saya ini informasi yang perlu diketahui para blogger semua, sekian semoga membantu






Baja Juga


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Masuk dalam 10 besar Mesin Pencari google

loading...