Just Sharing

Beberapa Kesalahan Yang Sering Dilakukan Blogger



Perlu ni diketahui para blogger, jadi saya informasikan juga melalui blog ini berikut ulasannya :

Beberapa kesalahan yang sering dilakukan blogger, yang dipetik dari berbagai sumber :

Sumber ke 1

1. Kesalahan Memilih Topik Blog

Banyak para blogger matre yang membangun blog lebih dari satu, tentu saja dengan banyaknya blog yang harus kita kerjakan, pemilihan topik blog pun jadi semakin rumit dan kita harus memiliki banyak ide untuk itu. Selain harus membuat banyak blog, blogger pemula pun biasanya mengambil topik yang memiliki HPK, anggap saja seperti topik cancer, stop smoking, insurance, dan lain-lain, ini supaya blog mereka mendapat bayaran tinggi saat akan dibuat blog bisnis. Apakah itu salah? sebenarnya tidak jika kita memahami konsep dan topik yang akan kita ambil, contoh anda akan membuat blog dengan konsep yang akan di isi oleh artikel berbayar, dan anda tidak akan pusing dengan artikel yang akan dibuat. Oke ini tidak masalah, tetapi bagi blogger pemula, justru ini akan menjadi kesalahan fatal. Apa maksudnya? saya anggap blogger pemula hanya membuat artikel dengan tangannya, fine jika dia paham akan tema blognya, kalau tidak? mode artikel copas pun bisa jadi jalan haram yang akan mereka ambil  .

Intinya, buatlah blog dengan tema yang anda senangi, selain mudah dan enteng jika ingin membuat artikel, kita juga akan senang dengan hasilnya karena ini sejalan dengan hati kita, setuju?. Tidak usahlah membuat blog dengan tema yang justru kita tidak paham, jangan hanya semata-mata ikut-ikutan atau karena bayaran mahal yang akan didapat, percayalah anda akan mentok ditengah jalan karena anda tidak tahu isi atau tema blog anda.

2. Kesalahan Kedua, Tidak Memahami Hal yang berbau Web Development

Kan sekarang sudah ada blog gan? mudah dan gampang, iya benar, tapi tetap saja kita perlu mengetahui beberapa hal penting dalam membangun sebuah blog bukan hanya berkaitan dengan sewa hosting, kualitas hosting, domain , CMS dan pembuatan artikel saja.

Contoh, oke anda sudah mendapatkan tema blog yang anda pahami dan anda senangi, contohlah tema blog tentang motor yang kini sedang menjamur seiring dengan melesatnya dunia roda dua di tanah air. Lalu apakah hanya dengan mendaftar dan membuat blog kemudian mengisi artikel sudah cukup? sudah,, ya sudah beres lanjutkan, toh itu yang hanya anda ketahui bukan? heu heu  . Enggak lah sobat, kita lihat bersama.

Lihat rumah sobat, lha kok rumah sob? iya rumah kita coba perhatikan bangunannya, desainnya, isinya dan penghuninya  . Begini, rumah yang baik biasanya memiliki ALAMAT yang jelas, DESAIN yang bagus dan rapih, PENGHUNI nya sholeh dan cantik  , PERABOTAN yang unik, enak di lihat, dan lain-lain.

Begitu pun sebuah blog, masih kurang jelas? keterlaluan  . Jadi blog yang menarik itu sebaiknya memiliki alamat yang jelas, misal blog tentang “tips ngeblog”, lebih pantas jika memiliki alamat tipsngeblog.net atau tipsngeblogku.wordpress,com dan sejenisnya dari pada blog dengan nama priatampan.wordpress.com tapi isinya tentang masakan heu heu gak jelas kan?. Intinya, dilihat dari contoh diatas,  ketika orang mencari alamat blog tentang “tips ngeblog”, nama blog kita telah memenuhi persyaratannya, got it?

Untuk desain dan isi blog pun sama, sebisa mungkin desainnya enak di lihat oleh mata pengunjung maupun oleh robot search engine, kenapa? karena keduannya sangat penting, tidak bisa memilih salah satunya saja. Contoh, banyak blogger yang membuat blog dengan tempelate/themes yang WAH juga berisi widget yang bejibun, okelah bisa enak dipandang mata pengunjung (jika masih wajar kepadatannya), tetapi bagi search engine? saya rasa robot search engine tidak akan jatuh cinta kepada blog yang isinya berat, penuh sesak gambar, widget dan yang pasti overload  .

Solusinya ya perhatikanlah themes blog sobat, untuk isinya termasuk artikel sebisa mungkin bermanfaat bagi orang lain dan enak untuk dibaca oleh manusia juga robot S.E.

3. Kesalahan Fatal pada Setting Blog di Awal Pembuatan

Jangan sampai sobat membuat blog yang memiliki alamat oke, tema yang pas, themes yang ringan dan keren, sudah SEO friendly, artikel mantap tetapi lupa akan settingan blog heu heu. Untuk urusan ini saya tidak akan berbicara panjang lebar, ada salah satu contohnya untuk blog wordpress dan semua nya telah di ulas dengan lengkap oleh salah satu master di bidangnya, baca disini saja – cara setting blog wordpress baru.

Bagaimana? pusing? heu heu. Jujur, terlalu banyak hal yang harus saya sampaikan jika bicara mengenai dunia blog, nah mudah-mudahan artikel 3 kesalahan fatal blogger pemula ini bisa memberikan sedikitnya wawasan bagi sahabat semua yang kebetulan tersesat ke blog ini. Untuk mempermudah pemahamannya, saya berikan resumenya di bawah

Jangan lakukan kesalahan dalam memilih topik blog, cari topik yang anda ketahui dan anda senangi. Belajarlah sedikit saja tentang web development, setidaknya dasar yang penting seperti pemilihan domain, konsep blog yang akan dibuat, juga settingan awal blog.

Sumber : http://motorseo.wordpress.com/2013/03/04/3-kesalahan-fatal-blogger-pemula/


Sumber ke 2

Yang pertama, seorang pemula yang baru saja membuat blog tentunya dengan motifnya masing-masing, umumnya menderita penyakit Internet Syndrome (*ane penemunya lho: XD). yaitu penyakit yang ditandai dengan kecenderungan seseorang untuk mengutak-atik blognya. Ditandai dengan motivasi yang tinggi untuk mengonta-ganti template, widget, javascript, dll demi memenuhi ambisinya mendapat tampilan yang memuaskan.
Saran: "Anda harus sadar bahwa pengunjung yang datang adalah manusia yang punya perasaan dan keperluan. Pada dasarnya mereka, saya, atau anda sendiri akan setuju bahwa pengunjung tidak akan mempermasalahkan bagaimana tampilan blog anda. Mereka hanya peduli pada content dalam blog anda. Pahami sampai disitu saja, oke?"

Jangan Seperti Ini!
Yang kedua, biasanya seorang yang sudah mulai asik dengan pengalaman di dunia blog akan lupa dengan kehidupannya di dunia nyata.Saking asiknya sampai lupa makan, istirahat, bahkan beribadah.
Saran: "Pahami bahwa anda memiliki kehidupan nyata bersama orang-orang yang mencintai anda di sekitar anda. Ingat! UTAMAKAN KELUARGA! GUNAKAN WAKTU LUANG ANDA DI BLOG, BUKAN SEBALIKNYA"


Bukan Teman saya!
Yang ketiga, seorang pemula yang membuat blog karena ingin mendapatkan pundi-pundi rupiah. Ini adalah kesalahan fatal yang menurut saya paling banyak dialami oleh sebagian besar dari kita. Mengapa? karena butuh lebih dari sekedar keajaiban untuk membuat pengunjung Ridho mengklik salah satu iklan yang kita pasang. (Apakah anda ikhlas untuk mengklik iklan di bawah postingan ini?? Tuh kan!! hhe)
Saran: "Anda jangan terlalu memforsir tenaga anda untuk mendapat uang di internet, masih banyak koq pekerjaan di dunia nyata yang lebih menghasilkan uang. Berbagilah di blog-blog anda berita gembira buat sesama, Tuhan Maha Tahu koq ^^"


Sumber : http://inkomik.blogspot.com/2013/03/beberapa-kesalahan-fatal-blogger-pemula.html#ixzz2OWiO9s00


Sumber ke 3

berikut ini 4 Kesalahan Fatal Dalam Penulisan Artikel blog !
Intropeksi blog sobat okay ! ;)

1. Tidak menaruh keyword di dalam artikel

Bayangkan jika saya menulis artikel ini tanpa keyowrdnya yaitu " 4 Kesalahan Fatal Dalam Penulisan Artikel "
maka google pasti tidak akan mengindeks artikel ini di search engine !! :D

oleh karena itu taruhlah beberapa kata yang termasuk keyword di artikel itu !

Ingat jangan menaruh keyword terlalu banyak!, apalagi sampai menumpuk, nanti malah dianggap spam oleh mbah google.

2. tidak mengenakan alt dan tittle pada gambar

jika Artikel Sobat Menggunakan  Gambar didalamnya !, maka kenakanlah gambar itu dengan alt text dan tittle text !

ingat gambar ini juga bisa mempengaruhi posisi artikel anda di posisi serp google !

Alt text ; isi dengan keyword artikel sobat !, misalnya : blogging, game.

Tittle text ; isi dengan judul artikel sobat

3. tidak menaruh permalink in artikel

Maksudnya apasih tidak menaruh permalink in artikel ??, maksudnya adalah coba agan lihat pada artikel ini bagian yang paling atas !

kata " 4 Kesalahan Fatal Dalam Penulisan Artikel " itu terdapat sebuah permalink yang menuju kembali ke artikel ini !

pakailah itu karena search engine google pertama kali membaca artikel dengan kata-kata pertama yang ada di dalam artikel ! :D

4. artikel terlalu rapat

Maksud dari artikel terlalu rapat adalah artikelnya bertumpukan  satu sama lain !, coba bedakan artikel dika1k3 ini dengan blog lain !, pasti beda antara spasinyakan !

visitor juga malas jika membaca sekumpulan kata-kata tanpa spasi satupun !

 Sumber : http://dika1k3.blogspot.com/2013/03/4-Kesalahan-Fatal-Dalam-Penulisan-Artikel.html#.UU_gqhfwlLs


Sumber ke 4

1. Mengabaikan Bagian Komentar
Kesempatan untuk berinteraksi dengan pembaca anda adalah salah satu hal paling penting yang membuat kegiatan blogging menjadi hal yang menyenangkan. Jangan pernah membuat kesalahan dengan mengabaikan komunitas yang dapat anda bangun melalui bagian komentar, atau anda pasti akan menyesal telah mengabaikan komunitas anda yang sedang berkembang.

2. Tidak Mengambil Umpan balik Sebagai Pertimbangan
Anda pasti akan menerima share dari email dengan saran tentang cara untuk meningkatkan blog Anda, dan tidak mengambil mereka ke dalam pertimbangan merupakan hal yang sedikit memalukan. Lagi pula, jika pembaca telah meluangkan waktu untuk menulis email dan repot-repot memberi masukan untuk mengembangkan blog anda, mendengarkan apa yang orang itu katakan adalah hal yang paling tepat anda lakukan.

3. Cuti dari Blogging
Anda jelas hanya manusia dan akan perlu untuk mengisi ulang baterai anda setiap waktu,entah itu sekarang ataupun di kemudian hari, tapi itu tidak berarti bahwa tidak menerbitkan posting blog selama beberapa hari berturut-turut adalah cara yang baik untuk pergi. Manfaatkan fitur timestamp, menulis beberapa posting blog sebelum anda pergi berangkat dan tidak ada seorang pun yang tahu anda tidak up-to-date..

4. Melihat Blogging sebagai pekerjaan rumah
Sikap  seolah "Aku akan menulis posting ini dan cepat selesai"  tidak pernah dianjurkan jika anda serius tentang melihat hasil jangka panjang dari kegiatan blogging. Memilih topik yang anda sukai dan milikilah pengetahuan yang luas tentang hal itu, dan pastikan bahwa posting anda mencerminkan apa yang anda rasakan melalui kegiatan ngeblog.

5. Tidak Menghargai Pembaca Anda
Ketika berinteraksi dengan pembaca, selalu bersikap sopan dan membantu. Jangan memandang rendah seseorang hanya karena pertanyaan dia adalah sesuatu yang benar-benar jelas dan gampang bagi anda. Ini mungkin jelas bagi Anda, tetapi hal itu sangat penting bagi orang yang baru memulai kegiatan ngeblog. Dengan cara yang sama, Anda harus mendorong anggota setia komunitas anda untuk selalu siap untuk membantu sesama anggota lain karena, seperti yang telah saya dinyatakan sebelumnya, tidak mengambil keuntungan dari bagian komentar hanya akan menjadi suatu kesalahan.

Sumber : http://hi-fi.lintas.me/go/gelorasriwijaya.com/5-kesalahan-fatal-blogger-yang-harus-dihindari/

Demikian semoga membantu dan bermanfaat.....


Sumber foto : http://daw-xp.blogspot.com/2011/08/5-kesalahan-blogger-pemula.html




Baja Juga


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Beberapa Kesalahan Yang Sering Dilakukan Blogger

loading...